Intel Mulai Bekerja Pada Dukungan Linux Untuk Data Streaming Accelerator 2.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali pada tahun 2019 adalah ketika Intel pertama kali merinci Data Streaming Accelerator “DSA” dan mulai mengerjakan tambalan pengaktifan Linux. Intel DSA dirancang untuk membantu mempercepat operasi streaming dan transformasi untuk penyimpanan, jaringan, dan memori persisten. Akhirnya DSA datang ke pasar dengan cara ditemukan dalam prosesor “Sapphire Rapids” Xeon Scalable yang akan datang sementara akselerator DSA 2.0 sudah dalam pengerjaan untuk prosesor masa depan.
Intel telah bekerja pada dukungan Data Streaming Accelerator selama tiga tahun terakhir dan itu semua datang bersama-sama menjelang peningkatan Sapphire Rapids. DSA sebagai pengingat adalah pengganti Intel QuickData Technology.
Intel® DSA adalah akselerator transformasi dan penyalinan data berperforma tinggi yang akan diintegrasikan dalam prosesor Intel® masa depan, yang ditargetkan untuk mengoptimalkan pergerakan data streaming dan operasi transformasi yang umum dengan aplikasi untuk penyimpanan, jaringan, memori persisten, dan berbagai pemrosesan data berperforma tinggi aplikasi. Karena sudah beberapa waktu sejak terakhir memiliki sesuatu untuk dibicarakan dengan Intel DSA dan dengan masih menunggu prosesor Sapphire Rapids, Anda dapat (kembali) mempelajari lebih lanjut tentang teknologi melalui 01.org.
Diagram DSA Linux Intel.

Pada hari Sabtu adalah pertama kalinya saya melihat Intel memposting tambalan apa pun di sekitar “DSA 2.0” dan memeriksa arsip milis kernel dan repositori Git Linux menunjukkan bahwa ini memang menjadi pengaktifan Data Streaming Accelerator 2.0 pertama. Mengingat waktu patch DSA 2.0 Linux awal, mungkin akselerator yang diperbarui ini akan datang dengan Emerald Rapids — penerus Sapphire Rapids.
Dengan patch yang dikirim pada hari Sabtu, “beberapa fitur baru” dari DSA 2.0 disiapkan untuk kernel Linux. Patch mengarah ke Data Streaming Accelerator 2.0 yang mendukung dukungan konfigurasi operasi per antrian kerja, dukungan untuk mengonfigurasi operasi DMA pada basis per antrian kerja, dan deskriptor kerja bersamaan dan pemrosesan deskriptor batch.
Kita akan melihat selama beberapa bulan ke depan apa lagi yang akan datang di sisi perangkat lunak Linux dalam persiapan untuk Intel DSA 2.0.

Itulah berita seputar Intel Mulai Bekerja Pada Dukungan Linux Untuk Data Streaming Accelerator 2.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.