Intel Mulai Menambahkan Dukungan Meteor Lake ke Coreboot

  • Post author:
  • Post category:Linux

Intel Meteor Lake sebagai penerus Raptor Lake telah mulai melihat kerja pengaktifan Coreboot oleh para insinyur Intel.
Meteor Lake adalah keluarga prosesor Core “14th Gen” 2023 dan memulai debutnya pada prosesor Intel 4 sambil juga pindah ke arsitektur ubin. Bahkan kembali ke akhir tahun 2020 kami mulai melihat patch Linux untuk Meteor Lake dan pekerjaan pemberdayaan awal terus berlanjut.
Selama setahun terakhir dan sejauh ini tahun ini telah beberapa patch “Meteor Lake” awal diposting, sebagian besar ketika datang ke driver Linux yang ada hanya perlu ID baru ditambahkan untuk dukungan Meteor Lake. Kami berharap patch Meteor Lake Linux yang lebih menarik akan terwujud akhir tahun ini. Digabungkan minggu ini ke proyek firmware open-source Coreboot adalah dukungan awal Meteor Lake SoC.
Dukungan SoC Meteor Lake awal yang diajukan oleh Intel didasarkan pada kode SoC Alder Lake Coreboot yang ada dengan berbagai perubahan yang diperlukan untuk CPU Core Generasi ke-14 ini. Tidak ada pengungkapan besar tentang fitur Meteor Lake sebagai bagian dari kode Coreboot awal ini.
Untuk penggemar open-source, FSP (Firmware Support Package) Intel masih ada untuk Meteor Lake. Banyak pengembang firmware open-source saat ini mengajukan petisi kepada Intel untuk membuka FSP atau membuat peningkatan lain untuk kompatibilitas terbuka yang lebih besar, tetapi kita akan melihat apakah kebetulan yang mengarah pada perubahan apa pun ke depan.

Mereka yang ingin melihat pekerjaan pengaktifan Meteor Lake awal untuk Coreboot dapat melihat komit ini. Seperti biasanya, insinyur Intel biasanya memunculkan dukungan Coreboot untuk CPU/SoC baru di awal Coreboot untuk membantu memenangkan desain Chromebook dengan Google yang membutuhkan dukungan Coreboot. Jadi dengan sebagian besar SoC yang lebih baru, sebagian besar dukungan Coreboot terbatas pada motherboard referensi dan Chromebook yang relevan. Setidaknya dalam kasus Alder Lake, ada port berkelanjutan ke motherboard ritel konsumen (MSI) yang menarik dan mudah-mudahan kita akan melihat lebih banyak dari itu bergerak maju.

Itulah berita seputar Intel Mulai Menambahkan Dukungan Meteor Lake ke Coreboot, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.