Intel Revs Its Linear Address Masking Patchs Untuk Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ditambahkan ke dokumentasi Intel pada akhir 2020 dan patch kernel awal sejak awal 2021, Intel perlahan-lahan mengerjakan dukungan Linear Address Masking (LAM) untuk kernel Linux. Keluar minggu terakhir ini akhirnya iterasi terbaru dari pekerjaan ini untuk memanfaatkan bit alamat yang tidak diterjemahkan dari alamat linier 64-bit untuk digunakan untuk menyimpan metadata perangkat lunak arbitrer.
Intel LAM v5 telah diterbitkan sebagai versi terbaru dari patch ini yang dengan CPU Intel yang akan datang memungkinkan penggunaan bit alamat yang tidak diterjemahkan dari alamat ruang pengguna untuk digunakan untuk metadata arbitrer.
Dokumentasi Intel pada LAM telah dipublikasikan sejak akhir 2020.

Patch v5 berbasis ulang terhadap status kernel Linux terbaru, menambahkan lebih banyak komentar kode, menambahkan uji mandiri, dan berbagai tweak kode tingkat rendah untuk fitur perangkat keras CPU ini. Mengaktifkan LAM untuk kernel Linux lebih dari seribu baris kode baru.
Kita akan melihat apakah patch LAM v5 ini sekarang cukup baik untuk mainlining atau akan terus berjalan perlahan menuju kernel mainline.
Sementara itu keluar dengan AMD Zen 4 adalah fitur serupa yang disebut Upper Address Ignore (UAI) untuk penandaan alamat ruang pengguna menggunakan bit alamat memori yang tidak digunakan.

Itulah berita seputar Intel Revs Its Linear Address Masking Patchs Untuk Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.