Intel Siapkan Lebih Banyak Kode Grafis Arc “Alchemist” Untuk Linux 5.19 + ATS-M & Raptor Lake S

Seminggu setelah akhir jendela penggabungan Linux 5.18, hari ini Intel mengirimkan batch pertama pembaruan driver grafis DRM “i915” mereka ke DRM-Next untuk mengantre di depan apa yang akan menjadi kernel Linux 5.19 musim panas ini. Ada banyak churn kode yang masih terjadi di sekitar mengaktifkan perangkat keras grafis diskrit Intel dan kejadian driver open-source lainnya.
Menyetrika DG2/Alchemist tetap menjadi prioritas bagi para insinyur driver grafis Intel open-source. Meskipun sepertinya dukungan dasar ada untuk Linux 5.17~5.18, fitur-fiturnya masih mendarat untuk Linux 5.19 dan pengoptimalan serta peningkatan lainnya. Dukungan jelas masih menetap tetapi mudah-mudahan akan dalam kondisi yang baik pada saat kartu grafis diskrit Intel Arc akhirnya tersedia secara umum akhir tahun ini.

Persiapan kode ini untuk Linux 5.19 membawa pekerjaan lanjutan seputar grafis diskrit DG2/Alchemist dengan prosesor grafis Intel Arc yang akan datang. Sejauh ini siklus kode baru adalah seputar dukungan format Tile-4, kompresi warna jernih CCS baru, dan format kompresi render dan media baru yang didukung.

Juga penting dengan kumpulan awal perubahan fitur untuk driver grafis Intel di Linux 5.19 adalah dukungan Arctic Sound M, sejalan dengan dukungan Mesa dan Media SDK lainnya untuk ATS-M. Arctic Sound M adalah penawaran pusat data GPU Intel yang berfokus pada transcoding video, game cloud, dan kasus penggunaan serupa dan akan diluncurkan secara resmi pada paruh kedua tahun ini.
Permintaan tarik ini juga menambahkan ID PCI Raptor Lake S (RPL-S). Raptor Lake S diluncurkan akhir tahun ini sebagai penerus Alder lake dan kru driver Linux Intel telah sibuk mempersiapkan Raptor Lake tidak hanya untuk dukungan driver grafis tetapi juga di area kernel lainnya.
Perubahan lain dengan pembaruan drm-intel-next hari ini termasuk dukungan DRRS statis, mendukung beberapa kecepatan refresh mode asli eDP dan LVDS, dukungan DisplayPort HDR telah diperpanjang kembali ke Haswell dan peningkatan build non-x86 yang lebih baru untuk meningkatkan kompatibilitas Intel` s driver grafis dGPU dengan Arm dan arsitektur lainnya, dan berbagai perbaikan bug dan pembersihan kode.
Daftar lengkap patch driver grafis Intel yang dikirim hari ini ke DRM-Next untuk Linux 5.19 dapat ditemukan melalui permintaan tarik ini. Harapkan fitur driver Intel i915 tambahan menarik selama beberapa minggu ke depan.

Itulah berita seputar Intel Siapkan Lebih Banyak Kode Grafis Arc “Alchemist” Untuk Linux 5.19 + ATS-M & Raptor Lake S, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.