Intels IPU6 Webcam Linux Driver Masih Berantakan, Tapi Beberapa Patch Untuk Membantu

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara selama bertahun-tahun Intel sangat dihormati — dan memang seharusnya demikian — untuk dukungan perangkat keras Linux open-source mereka, kadang-kadang ada pengecualian. Salah satu pengecualian saat ini adalah driver Intel IPU6 untuk kamera MIPI mereka yang ditemukan di banyak laptop Alder lake yang lebih baru dan mungkin juga laptop Raptor Lake yang akan datang. Driver IPU6 tetap berada di luar kernel Linux dan kemungkinan akan tetap seperti itu untuk beberapa waktu.
Kembali pada bulan Agustus, pemelihara kernel hulu seperti Greg Kroah-Hartman merekomendasikan pengguna menghindari laptop Alder Lake melalui driver IPU6 out-of-tree yang diperlukan untuk mendukung kamera web berbasis IPU6. Intel telah membuat sumber driver kernel tersedia di GitHub tetapi bergantung pada dukungan ruang pengguna berpemilik. API ruang pengguna yang terbuka oleh driver out-of-tree juga tidak kompatibel dengan antarmuka V4L2 yang umum.

Beberapa bulan kemudian, sayangnya, situasinya masih berantakan dengan laptop Alder Lake mengkilap terbaru yang menggunakan IPU6 untuk kamera web mereka tidak memiliki dukungan driver out-of-the-box / full-open-source. Jadi sekarang dibiarkan berharap untuk beberapa perubahan mendasar pada tahun 2023.
Tetapi jika Anda menemukan laptop Intel yang mengandalkan kamera IPU6, ada tambalan yang sedang dikerjakan untuk setidaknya mempermudah pembuatan kode driver Intel IPU6 di atas kernel jalur utama. Insinyur Red Hat Hans de Goede, yang dikenal karena kontribusinya yang luar biasa dalam meningkatkan dukungan perangkat keras konsumen di Linux, telah mengirimkan satu set tambalan perbaikan. Tambalan membuatnya sehingga kode driver int3472 jalur utama akan bekerja dengan driver sensor yang dibundel dengan kode driver IPU6 out-of-tree. Tujuannya adalah untuk mempermudah driver out-of-tree Intel untuk bekerja dengan kernel distribusi arus utama standar. Saat ini kernel membutuhkan tambalan untuk beberapa perubahan kecil daripada hanya mampu membangun modul driver out-of-tree dengan bersih dengan DKMS atau yang serupa.
Dengan tambalan ini, membuat kode driver Intel IPU6 out-of-tree untuk DKMS menjadi lebih mudah dan tidak perlu khawatir tentang perubahan kernel lainnya. Hans juga mencatat dalam pesan tambalan yang sedang dia kerjakan semoga dapat mengupstream kode driver sensor IPU6 ke arus utama sementara masih untuk jantung kode driver IPU6 tetap menjadi kekacauan besar dan disayangkan ini.

Itulah berita seputar Intels IPU6 Webcam Linux Driver Masih Berantakan, Tapi Beberapa Patch Untuk Membantu, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.