Kalendar 1.0 Keluar: KDE Plasma Sekarang Memiliki Klien Kalender Khusus yang Dewasa

  • Post author:
  • Post category:Linux


Setelah tiga bulan kerja keras dan beberapa rilis, aplikasi Kalendar telah mencapai kedewasaan dengan versi 1.0, rilis utama yang memberi Anda klien kalender berfitur lengkap dan khusus untuk lingkungan desktop KDE Plasma Anda.

Ditulis menggunakan kerangka Kirigami, Kalendar adalah aplikasi kalender yang menggunakan Akonadi untuk menyinkronkan dengan layanan eksternal seperti Nextcloud, Gmail, Microsoft Exchange, Open-Xchange Groupware, Kolab Groupware, serta standar pertukaran data kalender iCal dan DAV.

Kalendar memungkinkan Anda menambah, mengedit, dan menghapus acara kalender dari lokal dan akun jarak jauh (lihat format yang didukung di atas). Ini menggunakan pustaka KDE Frameworks dan alat manajemen informasi pribadi KDE PIM untuk berintegrasi secara mendalam dengan lingkungan desktop KDE Plasma Anda di desktop dan seluler sehingga Anda tidak akan melewatkan acara penting.

Meskipun belum menjadi bagian dari rangkaian perangkat lunak KDE Gear, Kalendar 1.0 hadir sebagai rilis pertama yang stabil dan matang dari aplikasi dan klien kalender khusus jika Anda tidak ingin menggunakan suite manajer informasi pribadi (PIM) KOrganizer yang kompleks.

Beberapa fitur penting termasuk beberapa tampilan (Bulan, Minggu, Hari , Jadwal, dan Tugas), dukungan untuk peta untuk acara, integrasi KAlarm, dukungan untuk acara berulang, dukungan untuk tag, lampiran, dan peserta, dukungan zona waktu khusus, dukungan seret dan lepas tugas dan insiden, dan dukungan untuk pintasan keyboard.

Dibandingkan ke rilis sebelumnya, Kalendar 1.0 menampilkan pemberitahuan pengingat acara dan tugas yang jauh lebih baik, yang tampaknya akan masuk ke KOrganizer, dukungan untuk warna kalender, bu nch peningkatan kegunaan, dan banyak perbaikan bug untuk stabilitas dan keandalan yang lebih baik.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang peningkatan ini dan detail lainnya tentang rilis Kalendar 1.0, kunjungi halaman pengumuman rilis yang ditulis oleh pengelola dan pengembang Kalendar Claudio Cambra.

Jika Anda ingin menginstal Kalendar 1.0 sekarang di distribusi GNU/Linux Anda, Anda harus tahu bahwa Anda akan menemukan Kalendar di repositori perangkat lunak KDE neon, openSUSE Tumbleweed, Arch Linux, Fedora Linux, Alpine Linux, dan Manjaro Linux, atau distro lain yang berbasis pada mereka .

Sumber: Google, 9to5linux.com