Kaliber 6.0 Dirilis dengan Pencarian Teks Lengkap, Dukungan ARM64 di Linux, Port Qt 6

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pencipta
Calibre Kovid Goyal hari ini merilis versi utama baru dari perangkat lunak manajemen ebook open-source populer ini, Calibre 6.0, yang memperkenalkan fitur baru yang menarik.

Rilis Calibre 6.0 adalah yang pertama di-porting ke kerangka aplikasi open-source Qt 6 terbaru, menawarkan kepada pengguna antarmuka yang lebih modern dan kemungkinan besar kinerja yang lebih halus. Ini berarti bahwa Calibre tidak akan lagi mendukung CPU 32-bit karena Qt 6 tidak mendukungnya dan bahwa beberapa plugin pihak ketiga mungkin tidak berfungsi sampai mereka juga di-porting ke Qt 6.

Fitur baru utama lainnya dari rilis Calibre 6.0 adalah pencarian teks lengkap, karena Calibre sekarang mampu mengindeks teks lengkap buku di perpustakaan Anda. Anda dapat menggunakan fitur pencarian teks lengkap untuk mencari kata-kata di dalam buku apa pun dengan mengklik tombol FT di tepi kiri bilah pencarian.

Ada juga berita bagus untuk pengguna ARM karena Calibre 6.0 adalah rilis pertama yang mendukung ARM64 ( AArch64) arsitektur CPU di Linux. Ini berarti Anda akhirnya dapat menginstal manajer ebook favorit Anda di komputer Raspberry Pi Anda (atau papan serupa) yang menjalankan distribusi ARM64. Di antara perubahan penting lainnya, Calibre 6.0 membawa firmware yang diperbarui ke driver Kobo, meningkatkan Dark Mode untuk memungkinkan Anda mengontrolnya melalui Preferensi> Tampilan & Nuansa di Pengaturan, dari mana Anda juga dapat memilih tema ikon yang berbeda untuk mode terang dan gelap, dan menambahkan opsi baru di unduhan metadata Amazon untuk memilih edisi Kindle ketika ada beberapa jenis buku hasil di search.

Calibre 6.0 juga menambahkan tombol “Baca dengan lantang” di kontrol penampil untuk memungkinkan Anda membaca buku dengan keras dari halaman saat ini melalui mesin text-to-speech, menambahkan opsi “Tambahkan kolom Anda sendiri” baru di Preferensi memungkinkan Anda menyesuaikan bagaimana kolom “ya” dan “tidak” ditampilkan, dan secara otomatis menambahkan tag yang ada di input tambahkan tag saat mengklik tombol OK.

Selain itu, sekarang dimungkinkan untuk menggunakan calibre:// URL Kaliber untuk melakukan rm berbagai tindakan, seperti membuat tautan ke masing-masing buku atau lokasi di dalam buku yang dapat diakses dari aplikasi lain.

Seperti yang diharapkan, beberapa sumber berita baru telah ditambahkan dan banyak lainnya telah ditingkatkan, dan beberapa bug telah diperbaiki. Untuk detail lebih lanjut, lihat catatan rilis di situs web resmi, dari sana Anda juga dapat mengunduh rilis Calibre 6.0 sebagai binari untuk distribusi GNU/Linux Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com