KDE Frameworks 5.93 Menghadirkan Dukungan Multi-Cursor untuk Aplikasi Editor Teks, lebih dari 280 Perubahan


Proyek KDE hari ini merilis KDE Frameworks 5.93 sebagai rilis terbaru dari koleksi lebih dari 80 add-on library ke Qt yang menyediakan fungsionalitas umum untuk desktop KDE Plasma dan aplikasi terkait.

KDE Frameworks 5.93 hadir dengan banyak peningkatan untuk aplikasi KDE favorit Anda , termasuk dukungan multi-kursor untuk Kate dan aplikasi berbasis KTextEditor lainnya. Pengguna diberikan tiga cara untuk membuat beberapa kursor, termasuk Alt+Klik di tempat yang berbeda, Alt+Ctrl+atas/bawah pada baris di atas atau di bawah yang sekarang, dan Alt+Shift+I setelah memilih beberapa baris teks.

Rilis ini juga meningkatkan dukungan untuk aplikasi QtQuick sehingga menu mereka untuk bidang teks tidak lagi menampilkan pemisah sebagai item pertama atau memberi ruang untuk item yang tidak terlihat, serta untuk aplikasi berbasis QtWidgets yang panah di jendela pintasan sekarang kompatibel dengan HiDPI. Selain itu, aplikasi berbasis Kirigami juga menerima beberapa cinta selama siklus ini karena item daftar yang dapat diseret sekarang bergerak jauh lebih lancar tanpa gangguan.

Dukungan untuk aplikasi GTK/GNOME telah ditingkatkan juga di KDE Frameworks 5.93, yang menerapkan standar FreeDesktop untuk daftar dari dokumen terbaru. Ini akan memungkinkan pengguna untuk melihat file yang dibuka di aplikasi KDE sebagai dokumen terbaru dalam dialog “Buka File” di app GTK.

Selain itu, KDE Frameworks 5.93 meningkatkan pengelola file Dolphin dengan membuat bilah yang menunjukkan tingkat penggunaan disk selalu terlihat dan dengan menghapus ekstensi pada bagian nama file yang telah dipilih sebelumnya untuk file yang baru dibuat yang menggunakan fungsionalitas standar “Buat file baru”.

Di antara perubahan lainnya, Plasma Vault ditingkatkan untuk membuat brankas menggunakan CryFS dan Backend EncFS muncul di panel Tempat, dialog “Dapatkan [hal] Baru” sekarang berfungsi untuk pengguna bahasa lain selain bahasa Inggris, dan berbagai kontrol QtQuick sekarang terlihat jauh lebih baik untuk pengguna RTL (Kanan-ke-Kiri).

Tema Breeze tadinya ditingkatkan juga di KDE Frameworks 5.93 untuk membuat judul di widget Plasma muncul seperti yang diharapkan saat menggunakan tema Breeze Light atau Breeze Dark. Ada lebih dari 280 perubahan dalam pembaruan ini, jadi periksa log perubahan lengkap untuk detail lebih lanjut. Kerangka Kerja

KDE 5.93 akan segera masuk ke repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda, jadi pastikan Anda memperbarui instalasi KDE Plasma Anda sebagai segera setelah tersedia untuk menikmati peningkatan baru dan perbaikan bug.

Sumber: Google, 9to5linux.com