KDE Gear 21.12 Mendapat Rilis Poin Pertama, Meningkatkan Dolphin, Kdenlive, dan Banyak Aplikasi Lainnya


Proyek KDE hari ini merilis KDE Gear 21.12.1 sebagai rilis poin pertama untuk suite perangkat lunak sumber terbuka KDE Gear 21.12 (sebelumnya KDE Applications) terbaru dan terhebat untuk lingkungan desktop KDE Plasma dan platform lainnya.

KDE Gear 21.12.1 ada di sini hampir sebulan setelah rilis KDE Gear 21.12 untuk memperbaiki beberapa bug di aplikasi favorit Anda. Misalnya, ini meningkatkan pengelola file Dolphin agar tidak lagi macet saat pengelola arsip Ark membuat arsip .7z, serta tidak lagi menyebabkan jendela atau tab Dolphin baru dibuka saat mengekstrak atau mengompresi sesuatu menggunakan item menu konteks yang relevan .

Rilis poin pertama untuk KDE Gear 21.12 ini juga meningkatkan pengelola arsip Ark agar tidak lagi membuat layar pembukanya terlihat setelah Anda mulai menggunakan aplikasi, membuat jendela Yakuake lebih cepat muncul, dan meningkatkan utilitas tangkapan layar Spectacle untuk menonaktifkan “Annotate” tombol ketika tidak ada tangkapan layar di jendela, mencegahnya mogok.

Juga ditingkatkan dalam pembaruan KDE Gear 21.12.1 adalah penampil gambar Gwenview, yang menggulir kotak kombo zoom untuk mengubah tingkat zoom sekarang lebih andal. Selain itu, aplikasi sekarang tidak lagi mogok saat membuka file JPEG pada sistem yang menggunakan versi perpustakaan libexiv2 yang lebih lama (sebelum versi 0.27.5).

Terakhir, pemutar musik Elisa telah diperbarui, tidak lagi menghapus file yang ditambahkan menggunakan ” File” dari daftar putar Anda setelah restart dan untuk memaksa semua ikonnya untuk sepenuhnya mengubah warna mereka ketika mengubah skema warna global.

Editor video Kdenlive yang kuat menerima beberapa perubahan selama siklus ini, termasuk peningkatan Info Keybind selama komposisi, pintasan yang ditingkatkan pada monitor layar penuh, kemampuan untuk menerapkan 29,97 fps saat menggunakan klip video dengan 29,94 atau 29,96 fps, peningkatan dan perbaikan untuk bidang pesan bilah status, dan banyak perbaikan bug lainnya.

Apps seperti Konversation, Konsole, Okular, KMail, KItinerary , KAlarm, K3b, dan Kate juga menerima perbaikan. Ada total 154 perubahan yang disertakan dalam KDE Gear 21.12.1, jadi lihat log perubahan lengkap untuk detail lebih lanjut.

Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma, awasi repositori perangkat lunak yang stabil dari GNU/ Distribusi Linux untuk paket KDE Gear 21.12.1 dan perbarui instalasi Anda sesegera mungkin untuk pengalaman Aplikasi KDE yang lebih baik dan lebih stabil.

Sumber: Google, 9to5linux.com