KDE Gear 22.12 Meningkatkan Dolphin, Gwenview, Kate, Kalendar, KDE Connect, dan Banyak Aplikasi

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini mengumumkan perilisan rangkaian perangkat lunak KDE Gear 22.12 untuk lingkungan desktop KDE Plasma dan proyek lainnya dengan banyak peningkatan untuk berbagai aplikasi.

KDE Gear 22.12 menggantikan rangkaian perangkat lunak KDE Gear 22.08 dan menghadirkan peningkatan pada pengelola file Dolphin dengan kemampuan untuk mengelola izin dari jarak jauh, fitur baru yang disebut Mode Pemilihan yang memudahkan untuk memilih file yang ingin Anda kerjakan dengan cepat dan mudah, bersama dengan bilah alat baru di bagian bawah tampilan dengan berbagai opsi tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan file yang dipilih.

Aplikasi penampil gambar Gwenview menerima kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan, kontras, dan gamma gambar saat Anda mempratinjaunya dan kemampuan untuk membuka file .xcf yang dibuat dengan editor gambar GIMP, editor teks Kate dan KWrite sekarang menampilkan jendela selamat datang yang memudahkan untuk membuat file baru atau membuka file yang sudah ada, serta alat Makro Keyboard baru yang dapat Anda aktifkan di Pengaturan > Konfigurasi Kate… > Plugins.

Editor video Kdenlive sekarang hadir dengan sistem panduan/penanda yang ditingkatkan dengan kategori khusus dan filter pencarian, integrasi yang lebih baik dengan aplikasi video lainnya, dan kemampuan untuk mengirim garis waktu Kdenlive sebagai latar belakang ke utilitas animasi vektor Glaxnimate.

Lain dari itu, pemutar musik Elisa sekarang hadir dengan mode layar penuh yang sebenarnya dan meminta dengan pesan yang menjelaskan apa yang tidak berfungsi saat menyeret dan menjatuhkan file non-audio ke daftar putarnya, widget KDE Connect mendapatkan bidang teks sebaris untuk dibuat lebih nyaman untuk menjawab telepon Anda saat bekerja pada PC Anda, dan aplikasi Kalendar sekarang memiliki mode “dasar” baru untuk tampilan.

Selanjutnya, emulator terminal Konsole sekarang beradaptasi lebih baik dengan resolusi layar Anda saat meluncurkan aplikasi setelah mengubah tata letak tampilan , klien email Kmail memudahkan untuk mengenkripsi email Anda, manajer arsip Ark sekarang mendukung arsip ARJ, utilitas tangkapan layar Spectacle sekarang mengingat yang terakhir dipilih wilayah persegi panjang secara default, dan asisten perjalanan Kitinerary sekarang mendukung kapal dan feri.

Tentu saja, ada banyak perubahan kecil lainnya dan perbaikan bug yang disertakan dalam pembaruan KDE Gear 22.12, jadi Anda selalu dapat mempelajari log perubahan lengkap untuk detail lebih lanjut. Sementara itu, awasi repositori perangkat lunak yang stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda untuk paket 22.12 dan perbarui instalasi Anda ke versi aplikasi KDE baru untuk pengalaman yang lebih baik.

Rangkaian perangkat lunak KDE Gear 22.12 akan didukung hingga Maret 2023 dengan tiga pembaruan pemeliharaan. Yang pertama, KDE Gear 22.12.1, diharapkan tahun depan pada tanggal 5 Januari, yang kedua, KDE Gear 22.12.2, tiba pada tanggal 2 Februari, dan yang ketiga dan terakhir, KDE Gear 22.12.3, dijadwalkan pada bulan Maret. 2, 2023.

Sumber: Google, 9to5linux.com