KDE Plasma 5.24.5 LTS Dirilis dengan Lebih Banyak Perbaikan Plasma Wayland, Perbaikan Bug


Proyek KDE hari ini mengumumkan KDE Plasma 5.24.5 sebagai pembaruan pemeliharaan kelima untuk seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.24 LTS terbaru dan terhebat, membawa lebih banyak peningkatan dan perbaikan bug yang mengganggu.

Hadir lima minggu setelah KDE Plasma 5.24.4, KDE Plasma Pembaruan 5.24.5 hadir dengan lebih banyak peningkatan sesi Plasma Wayland dan perbaikan bug. Misalnya, ia menambahkan perbaikan untuk kerusakan KWin yang dapat terjadi saat layar terkunci, perbaikan untuk berbagai gangguan visual saat membuka kunci layar, meningkatkan aturan jendela “Virtual Desktops” KWin agar berfungsi seperti yang diharapkan, dan perbaikan untuk bug aplikasi SDL mogok (mis. game) saat mencabut monitor eksternal.

Selain itu, KDE Plasma 5.24.5 menyertakan perbaikan untuk bug lain yang dapat membuat crash jendela KWin dan manajer komposit saat monitor USB-C yang terhubung bangun dari penghematan dayanya menyatakan, perbaikan untuk bug mogok KWin lain yang dapat terjadi saat aplikasi berperilaku tidak semestinya, serta masalah lain yang menyebabkan KWin mogok saat mengubah konfigurasi layar Anda dengan cara tertentu, seperti memutar dan memindahkan layar tanpa juga mengubah kecepatan refresh.

On selain itu, sesi Plasma Wayland ditingkatkan untuk menambahkan warna latar belakang “perlu perhatian” oranye X11 pada ikon jendela di Pengelola Tugas untuk windows yang meminta aktivasi menggunakan protokol aktivasi Wayland resmi. p“Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak mendapatkan latar belakang oranye pada ikon Pengelola Tugasnya saat gagal diaktifkan (mis. saat mengklik notifikasi yang dikirim oleh Thunderbird atau Telegram), ini berarti aplikasi yang bersangkutan tidak menerapkan protokol aktivasi sama sekali, dan memang seharusnya begitu! Jadi laporkan ini kepada pengembangnya,” kata pengembang Nate Graham.
Pengelola paket Plasma Discover juga ditingkatkan dalam rilis KDE Plasma 5.24.5 untuk memungkinkan penginstalan pembaruan untuk paket yang memiliki banyak arsitektur yang tersedia, serta untuk meningkatkan dukungan untuk aplikasi Flatpak dengan memperbaiki kesalahan visual dengan tombol “Instal” setelah menginstal aplikasi dan mengatasi kerusakan yang dapat terjadi saat mengunjungi halaman Terinstal aplikasi Flatpak saat backend Flatpak diaktifkan dengan remote Flatpak jenis tertentu.

KDE Plasma 5.24.5 juga meningkatkan widget Menu Global agar berfungsi dengan baik saat mengaktifkan mode “menjadi menu hamburger” opsional dan tidak lagi menampilkan menu tersembunyi untuk aplikasi tertentu, meningkatkan widget Baterai agar selalu muncul di baki sistem setelah masuk, memperbarui widget Komik berfungsi seperti yang diharapkan, dan menambahkan kemampuan untuk menghapus bilah sisi Penjelajah Widget saat ditutup dalam upaya untuk menghemat lebih banyak memori.

Selanjutnya, ia menambahkan dukungan untuk ikon desktop untuk mengingat posisinya pada basis per-resolusi dan memastikan bahwa ikon desktop yang diatur secara manual tidak lagi diatur ulang ke mode pengurutan abjad saat memulai ulang komputer, dan meningkatkan warna aksen agar tidak lagi menjadi gelap saat menggunakan dasar gelap skema warna.

Selain itu, KDE Plasma 5.24.5 semakin meningkatkan dukungan untuk monitor sehingga monitor tidak akan melakukan siklus daya dalam satu lingkaran setelah menghubungkannya, memungkinkan semua pengguna untuk mengubah aplikasi di bagian Favorit dari aplikasi Kickoff dan Kicker menu sambil mempertahankan perubahan selama restart, dan memperbaiki pintasan keyboard Meta+[angka] untuk mengaktifkan tugas Pengelola Tugas agar berfungsi seperti yang diharapkan di semua skenario yang mungkin.

Terakhir, rilis ini meningkatkan fungsionalitas pencarian Plasma di KRunner, Peluncur Aplikasi, dan Mode Ikhtisar untuk juga mengembalikan kecocokan yang berupa file teks, memperbaiki tombol “Ubah Wallpaper …” di halaman Pengaturan Cepat Pengaturan Sistem agar berfungsi ketika ada beberapa Aktivitas diaktifkan, dan mengatasi kerusakan Plasma acak yang dapat terjadi ketika ada lebih dari satu aplikasi dengan beberapa jendela yang dibuka dan Anda berinteraksi dengan salah satu tooltips Pengelola Tugas mereka.

Beberapa gangguan visual dengan popup folder juga diatasi untuk memungkinkan kisi tambahan cell, tes subwoofer widget Plasma Audio Volume Control telah diperbaiki, dan banyak masalah kecil lainnya telah ditambal untuk membuat seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.24 LTS lebih andal dan stabil. Untuk bacaan tambahan, lihat changelog lengkap, yang mencakup detail untuk semua 73 perubahan yang termasuk dalam KDE Plasma 5.24.5 update.

Sumber: Google, 9to5linux.com