KDE Plasma 5.24 Akan Menjadi Rilis LTS Berikutnya yang Menerima Dukungan Hingga KDE Plasma 6


Kabar baik hari ini untuk penggemar lingkungan desktop Plasma KDE karena saya baru mengetahui bahwa rilis besar berikutnya, Plasma 5.24, akan menjadi seri LTS (Dukungan Jangka Panjang) yang dipertahankan selama sekitar 18 bulan.

KDE Plasma 5.24 (saat ini dalam versi beta publik testing) akan menjadi rilis LTS berikutnya dari lingkungan desktop yang diakui dan digunakan secara luas untuk distribusi GNU/Linux, menggantikan seri KDE Plasma 5.18 LTS, yang mencapai akhir masa pakainya pada Oktober 2021.

Set akan tiba pada 8 Februari 2022, dua tahun setelah rilis Plasma 5.18 LTS, seri Plasma 5.24 LTS menjanjikan fitur baru yang keren seperti dukungan untuk pembaca sidik jari untuk membuka kunci layar atau mengautentikasi dalam aplikasi yang memerlukan kata sandi administrasi atau dengan sudo di baris perintah.

Ini juga menjanjikan merek -Efek Ikhtisar baru yang memungkinkan Anda mengontrol ruang kerja virtual dan menemukan hasil pencarian dari KRunner, semuanya di satu tempat, lebih banyak peningkatan Plasma Wayland, tema Breeze yang jauh lebih baik, desain yang lebih modern untuk pengelola kata sandi “Plasma Pass”, dukungan yang lebih baik untuk GPU NVIDIA, dan banyak lagi.

Menurut Proyek KDE, Plasma 5.24 LTS akan menerima pembaruan pemeliharaan yang dilakukan sampai mereka memulai pengembangan seri KDE Plasma 6, saat versi baru dan rilis Plasma 5.x terakhir akan ditandai sebagai LTS.

Sekali lagi, ini datang sebagai berita luar biasa bagi pengguna dan pengelola distro yang ingin menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma jangka panjang yang didukung pada sistem mereka. Misalnya, distribusi Kubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) dan openSUSE Leap 15.4 yang akan datang akan dikirimkan bersama Plasma 5.24 LTS.

Sebagai rilis LTS, KDE Plasma 5.24 akan didukung dengan pembaruan pemeliharaan yang menyediakan perbaikan bug dan perubahan penting hingga Oktober 2023. Sebagai untuk KDE Plasma 6, saya pribadi tidak sabar untuk melihat apa yang akan dilakukan pengembang KDE untuk kami dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: Google, 9to5linux.com