Kekhawatiran Mengangkat Driver Linux NTFS “Baru” yang Digabung Tahun Lalu

Kembali pada tahun 2020, penyedia driver sistem file Paragon Software mengumumkan bahwa mereka ingin meningkatkan driver NTFS mereka ke dalam kernel Linux. Driver ini sebelumnya merupakan penawaran komersial eksklusif dari perusahaan tetapi mengingat keadaan NTFS akhir-akhir ini, mereka ingin meningkatkan driver ini dengan dukungan baca/tulis penuh dan fitur lain yang tidak ditemukan dalam driver NTFS yang ada. Akhirnya tahun lalu setelah melalui banyak tinjauan, driver baru digabungkan ke Linux 5.15. Sayangnya, kurang dari satu tahun kemudian, muncul kekhawatiran bahwa pengemudi sudah menjadi yatim piatu dan tidak dirawat.
Sementara Paragon Software berjanji untuk mempertahankan driver ini sebagai bagian dari mengirimkannya ke upstream, sejak mendarat di Linux 5.15 tahun lalu, belum ada pembaruan besar untuk itu bahkan dengan berbagai perbaikan telah antri sejak saat itu. Salah satu pengembang yang menyumbangkan sejumlah tambalan ke kode NTFS3 selama proses peninjauan, Kari Argillander, hari ini menyampaikan keprihatinan atas status driver ini. Kari juga mencatat bahwa dia tidak bisa mendapatkan tanggapan apa pun dari pengelola Paragon dan itu adalah keheningan radio virtual.
Banyak kegembiraan muncul ketika driver NTFS3 diumumkan dengan tujuan upstream setelah menjadi milik selama bertahun-tahun. Tetapi sekarang muncul kekhawatiran bahwa driver tidak dipertahankan.

Kari sekarang telah mengangkat kekhawatiran ini di milis kernel dan menyimpulkan situasinya. Kari mengklasifikasikan driver ini sebagai telah menjadi yatim piatu secara efektif saat mengajukan tawaran untuk merawat bersama driver ini tetapi belum menerima tanggapan dari pengelola yang dikenal. Jadi pertanyaan apakah driver ini harus dihapus dari jalur utama atau tindakan apa yang diambil — atau harapan untuk membuat driver ke kondisi yang dipertahankan.
Pencarian Git cepat

A memang menunjukkan tidak ada perubahan kode utama pada driver sistem file NTFS3 sejak digabungkan tahun lalu untuk Linux 5.15. Cabang devel Paragon terakhir melihat komit pada bulan Oktober dan November tahun lalu — perbaikan yang sejak itu belum di-upstream. Jadi saat ini tidak ada yang mencari driver NTFS yang menjanjikan untuk Linux ini, tetapi kita akan melihat apakah ada perubahan atau tindakan segera diambil.

Itulah berita seputar Kekhawatiran Mengangkat Driver Linux NTFS “Baru” yang Digabung Tahun Lalu, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.