Kerangka KDE 5.88 Hadir untuk Membuat Desktop Plasma Lebih Cepat dan Lebih Menyenangkan

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum KDE Frameworks 5.88 sebagai pembaruan bulanan untuk rangkaian perangkat lunak sumber terbuka ini untuk Oktober 2021.

KDE Frameworks 5.88 hadir untuk lebih meningkatkan lingkungan desktop Plasma Anda dan aplikasi KDE favorit dengan memperbaiki bug atau menerapkan fitur baru. Itu juga membuat lingkungan desktop Plasma sedikit lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit memori setiap kali memuat ikon, serta saat mengakses file ketika file /etc/fstab sistem berisi entri yang diidentifikasi dengan properti UUID dan/atau LABEL.

Dengan pembaruan ini , desktop Plasma sekarang menyimpan perubahan apa pun yang Anda buat dalam Mode Edit saat Anda keluar darinya, sesi Plasma Wayland sekarang memungkinkan Anda menempelkan konten clipboard sewenang-wenang ke dalam file dan tidak lagi mogok saat Anda berulang kali mengarahkan dan melepas gambar mini Task Manager, dan Anda sekarang dapat mengklik dua kali pada nomor spinbox Plasma untuk memilihnya.

Rilis rangkaian perangkat lunak KDE Frameworks ini juga membuat semua applet Plasma sedikit lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit memori, memungkinkan untuk berbagi file ke Telegram saat diinstal sebagai Flatpak aplikasi, mengimplementasikan kembali kemampuan untuk mengubah ikon peluncur aplikasi panel, dan meningkatkan penyalinan file dari volume berformat FAT32.

Ada banyak peningkatan untuk tema ikon Breeze, yang ga memiliki beberapa ikon folder dengan berbagai semi-umum dan emblem yang berbeda di atasnya. Juga, folder Breeze sekarang menghormati skema warna sistem Anda yang diatur dalam warna “Seleksi” atau warna Aksen yang ditentukan, logo Windows yang mencari ikon placeholder Kirigami standar untuk gambar yang tidak tersedia atau memuat telah diganti.

Juga, ukuran 16px dari im-user -ikon offline sekarang ditampilkan menggunakan warna yang tepat, ikon berwarna pada latar belakang berwarna di aplikasi KDE sekarang dengan cerdas mewarnai ulang sendiri, dan tema ikon mundur yang ditentukan tema sekarang digunakan untuk aplikasi yang meminta ikon yang tidak tersedia di tema aktif saat menggunakan ikon pihak ketiga theme.
Images milik Nate Graham
Pengaturan Sistem telah ditingkatkan juga di KDE Frameworks 5.88 untuk memperbaiki salah satu sumber kerusakan paling umum yang terjadi saat pengguna menavigasi halaman dengan cepat, perbaiki label yang terlalu panjang di kisi -halaman gaya, dan item kisi sekarang secara visual menunjukkan ketika mereka memiliki fokus keyboard di halaman bergaya kisi.

Juga ditingkatkan adalah utilitas tangkapan layar Spectacle, yang tidak lagi menyarankan pengguna agar Anda menginstal Vokoscreen atau OBS jika mereka sudah terinstal, applet Baterai & Kecerahan untuk menampilkan tingkat baterai dari semua tablet grafis yang terhubung, aplikasi berbasis QtQuick untuk menampilkan tampilan visual yang tepat untuk kotak centang yang dinonaktifkan, dan applet baki sistem dengan yang dapat diperluas daftar item untuk membuatnya lebih ramah keyboard.

“Anda dapat memicu tombol default item dengan tombol Return/Enter, memperluasnya dengan spasi, menutupnya dengan tombol Escape, dan menampilkan menu konteksnya (jika ada) menggunakan Menu Key di keyboard Anda, jika ada,” jelas pengembang KDE Nate Graham.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Frameworks 5.88 membuka jalan menuju dukungan aplikasi KDE untuk menyimpan data status volatil seperti ukuran jendela dan posisi dalam file konfigurasi terpisah dengan file manager Dolphin menjadi yang pertama atau banyak yang akan datang, dan menambahkan kemampuan untuk menggulir tampilan kalender Plasma untuk mengganti bulan dengan roda mouse atau touchpad.

Ada banyak jadi banyak perubahan visual untuk membuat desktop Plasma dan aplikasi KDE lebih bermanfaat. Misalnya, aplikasi berbasis KTextEditor seperti Kate, KWrite, dan KDevelop sekarang memungkinkan Anda menyertakan teks dalam tanda kurung atau tanda kurung saat memilih teks dan mengetik tanda kurung/kurung pembuka/dll. karakter, jendela “Kirim ke Perangkat” dan “Kirim melalui Bluetooth” sekarang menggunakan judul yang lebih masuk akal dan gaya yang lebih standar untuk tombolnya, dan Bilah Perintah di banyak aplikasi KDE tidak lagi menampilkan tindakan tanpa teks dan dalam urutan abjad. dari Nate Graham
Tentu saja, ada banyak perbaikan bug, dan KDE Frameworks 5.88 menyertakan lebih dari 370 perubahan. Anda dapat memeriksa changelog lengkap untuk detail lebih lanjut dan memastikan bahwa Anda memperbarui distribusi GNU/Linux Anda ke rilis baru segera setelah mendarat di repositori perangkat lunak yang stabil, terutama jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma terbaru.

Sumber: Google, 9to5linux.com