Kerangka Kerja Keren & Tenang AMD PMF Disiapkan Untuk Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu driver baru yang akan memulai debutnya dengan Linux 6.1 adalah AMD Platform Management Framework “PMF” dengan maksud untuk “membuat PC AMD lebih cerdas, lebih tenang, hemat daya dengan beradaptasi dengan perilaku pengguna dan lingkungan” dengan perangkat keras generasi berikutnya. Bagian lain dari AMD PMF, Cool and Quiet Framework (CnQF) juga telah diantrekan untuk diperkenalkan di Linux 6.1.
AMD PMF bertujuan untuk lebih mengadaptasi karakteristik termal/daya/kinerja desktop dan laptop yang serupa dengan Platform Dinamis dan Kerangka Termal Intel (DPTF) meskipun beberapa detail publik tentang Kerangka Manajemen Platform AMD masih terbatas. Setelah teknisi AMD menyiapkan dukungan PMF awal dan mengantri di cabang for-next driver platform x86, mereka mengalihkan perhatian mereka ke bagian Cool and Quiet Framework dari PMF. Ya, Cool `n Quiet juga merupakan branding AMD yang telah lama digunakan untuk penskalaan frekuensi dinamis mereka kembali ke masa Athlon XP.
AMD PMF CnQF mendukung sejumlah mode berbeda.

Bagian AMD PMF CnQF ini dijelaskan oleh dokumentasi AMD sebagai:
CnQF (a.k.a Cool and Quiet Framework) memperluas konsep penggeser statis. PMF secara dinamis mengelola batas daya sistem dan kebijakan kipas berdasarkan tren daya sistem yang mewakili tren beban kerja.
Penggeser statis dan kontrol CnQF saling eksklusif untuk penyesuaian anggaran daya sistem. CnQF mendukung sejumlah mode yang dapat dikonfigurasi yang dapat unik untuk AC dan DC. Setiap mode mewakili status sistem yang dicirikan oleh kondisi mapan yang unik dan perilaku boost.
OEM dapat mengonfigurasi mode/status sistem yang berbeda dan bagaimana transisi ke mode terjadi. Apakah CnQF mengelola anggaran daya sistem secara dinamis di AC atau DC atau keduanya juga dapat dikonfigurasi. Perubahan mode karena CnQF tidak mengakibatkan perubahan posisi slider.
Nilai OEM default diperoleh setelah mengevaluasi fungsi PMF ACPI idx 11 & 12 untuk AC dan DC masing-masing. Apakah akan MENGAKTIFKAN/MENONAKTIFKAN secara default dipandu oleh “bendera” yang disahkan oleh OEM BIOS. Berita terbaru adalah bahwa dukungan CnQF telah bekerja sejak minggu lalu menjadi cabang platform-drivers-x86.git`s for-next , artinya juga akan disertakan sebagai bagian dari materi Linux 6.1. Ini termasuk kode pengaktifan CnQF dan sakelar sysfs jika ingin menonaktifkan/mengaktifkan CnQF untuk fokus pada perilaku statis.
Linux 6.1 akan menjadi siklus kernel Linux yang sangat sibuk dengan jendela penggabungan yang diharapkan akan terbuka minggu depan (kecuali 6.0 diseret keluar, kemudian ditunda satu minggu) sedangkan kernel stabil Linux 6.1 tidak akan keluar sampai sekitar akhir tahun kalender.

Itulah berita seputar Kerangka Kerja Keren & Tenang AMD PMF Disiapkan Untuk Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.