Kernel GNU Linux-Libre 5.18 Hadir untuk Mereka yang Mencari Kebebasan 100% untuk PC mereka


Alexandre Oliva dari proyek GNU Linux-libre hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum untuk mengunduh kernel GNU Linux-libre 5.18-gnu bagi mereka yang mencari kebebasan 100% untuk PC mereka.

Berdasarkan seri kernel Linux 5.18 upstream, GNU Kernel Linux-libre 5.18 hadir untuk membersihkan tujuh driver baru, termasuk Amphion VPU, panel MIPI DBI, Intel AVS, MediaTek MT7986 WMAC, MediaTek 7921U (USB) Wi-Fi, Realtek 8852a dan 8852c Wi-Fi, serta Texas Instrumen TAS5805M speaker amplifier.

Selain itu, kernel GNU Linux-libre 5.18 menambahkan beberapa file DTS untuk SoC Qualcomm AArch64 baru dan membersihkan nama blob di dalamnya, dan memperbarui driver yang ada yang menerima perubahan upstream dan sekarang memerlukan deblobbing, seperti AMDGPU, MediaTek MT7915 Wi-Fi, MediaTek HCI UART, ethernet kabel Mellanox Spectrum, Qualcomm Q6V5, Realtek rtw8852c, Silicon Labs WF200+ Wi-Fi, dan Wolfson ADSP.

Selain itu, kernel baru GNU Linux-libre menggerakkan banyak driver dengan di pohon sumber dan memperbarui skrip yang digunakan untuk membersihkan gumpalan untuk mencerminkan perubahan pada driver media, bus MHI, dan AMDGPU.

Tentu saja, kernel GNU Linux-libre 5.18 hadir dengan semua fitur baru dan penyempurnaan kernel Linux 5.18, termasuk dukungan untuk fitur baru di CPU AMD dan Intel, dukungan yang ditingkatkan untuk perangkat NVMe, fitur keamanan baru dan yang ditingkatkan untuk melindungi Anda dari ancaman terbaru, dan banyak perubahan lainnya,

Anda yang ingin membangun komputer GNU/Linux 100% gratis yang tidak menyertakan driver atau kode berpemilik, dapat mengunduh dan menginstal kernel GNU Linux-libre 5.18 sekarang juga dari situs web resmi.

Jika Anda menggunakan distribusi GNU/Linux berbasis DEB dan RPM, Anda akan menemukan binari untuk sistem Anda, jadi ikuti petunjuk di sini dan di sini untuk menyiapkan repositori untuk sistem operasi berbasis Debian dan Red Hat.

Kernel GNU Linux-libre kompatibel dengan dan dapat diinstal pada hampir semua distribusi GNU/Linux ion.

Kredit gambar: GNU Linux-libre project

Sumber: Google, 9to5linux.com