Kernel GNU Linux-Libre 6.0 Dirilis untuk Mereka yang Mencari Kebebasan 100% untuk PC mereka

  • Post author:
  • Post category:Linux


Alexandre Oliva hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum kernel GNU Linux-libre 6.0 bagi mereka yang mencari kebebasan 100% untuk komputer GNU/Linux mereka.

Berdasarkan seri kernel Linux 6.0 yang baru dirilis, kernel GNU Linux-libre 6.0 (nama kode Kernel ETOOSIXY) di sini untuk membersihkan kode kepemilikan di driver antarmuka UCSI untuk STM32G0 dan driver codec sisi HD-audio CS35L41, serta untuk menyesuaikan skrip pembersihan untuk driver MediaTek MT76 yang diperbarui.

Selain itu, GNU Linux- libre 6.0 kernel membersihkan nama gumpalan dari beberapa file DTS untuk sistem Qualcomm dan MediaTek AArch64, serta dalam versi terbaru dari driver AMDGPU, Adreno, Tegra VIC, Netronome NFP, dan Habanalabs Gaudi2. -libre kernel release menghapus logika pembersihan untuk driver VXGE sejak dihapus di upstream. Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan untuk siklus ini, lihat halaman pengumuman rilis.

Sementara itu, Anda dapat mengunduh dan menginstal kernel GNU Linux-libre 6.0 sekarang juga dari situs web resmi jika Anda ingin membuat GNU/Linux 100% gratis komputer yang tidak menyertakan kode kepemilikan atau driver. Kernel GNU Linux-libre kompatibel dengan hampir semua distribusi GNU/Linux.

Biner yang telah dikompilasi sebelumnya untuk distro berbasis RPM dan DEB akan segera tersedia untuk diunduh dari repositori Freesh apt untuk sistem 32-bit, 64-bit, dan PowerPC Kredit gambar .

: GNU Linux-libre project

Sumber: Google, 9to5linux.com