Kernel Linux 5.15 Dirilis dengan Sistem File NTFS Baru, Server SMB Dalam Kernel, dan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Linus Torvalds hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Linux 5.15 sebagai seri kernel dukungan jangka panjang (LTS) berikutnya yang menampilkan fungsionalitas dan peningkatan baru.

Setelah tujuh Kandidat Rilis dan dua bulan kerja keras, kernel Linux 5.15 telah hadir dan siap untuk adopsi massal sebagai kernel LTS (Long-Term Support) terbaru untuk distribusi GNU/Linux. Anda dapat mengunduhnya sekarang dari situs web kernel.org atau dari sini (tautan unduhan langsung karena kernel.org belum diperbarui).

Sorotan dari Linux 5.15 menyertakan implementasi sistem file NTFS baru dari Perangkat Lunak Parangon yang berfungsi penuh dan mendukung semua versi NTFS hingga 3.1, penguncian preemption waktu nyata, server SMB3 dalam kernel yang disebut ksmbd, Btrfs sekarang mendukung jaminan integritas file fs-verity dan mount yang dipetakan ID, serta DAMON (Data Access MOnitor) untuk memantau pola akses memori proses ruang pengguna.

Rilis ini juga menghadirkan dukungan untuk alat KFENCE dan KCSAN ke arsitektur s390, dukungan penjadwalan untuk sistem ARM asimetris, dukungan untuk multicast per-VLAN di subsistem jaringan, kemampuan untuk membangun kernel AArch64 (ARM64) sebagai Klien Hyper-V, dukungan untuk protokol Management Component Transport Protocol (MCTP), dan dukungan data out-of-band untuk soket domain Unix.

Juga baru di kernel Linux 5.15 adalah dukungan untuk tahun 2038 dalam sistem file XFS, dukungan I/O langsung pada file yang tidak dikompresi dalam sistem file EROFS, kemampuan untuk memigrasi halaman memori ke memori persisten, panggilan sistem process_mrelease(2) baru yang dapat digunakan untuk segera mendapatkan kembali memori dari proses keluar oleh proses supervisor, serta dukungan untuk mekanisme pelacakan yang telah dialokasikan sebelumnya di subsistem IOAM.

Selanjutnya, panggilan sistem move_mount() sekarang memungkinkan untuk menambahkan mount ke grup berbagi yang ada, assembler terintegrasi LLVM adalah sekarang didukung juga ketika membangun kernel dengan Dentang, dimungkinkan untuk menempatkan semua tugas dalam seluruh cgroup ke dalam kelas penjadwalan SCHED_IDLE,

Tentu saja, ada banyak driver baru dan yang diperbarui untuk dukungan perangkat keras yang lebih baik. Untuk beberapa nama, Linux 5.15 menambahkan dukungan untuk konsol Nintendo Wii, pengisi daya berbasis Chrome OS EC dan Mediatek MT6360, pengontrol Rockchip DesignWare PCIe, pengontrol flash serial Rockchip, MediaTek Gigabit Ethernet PHY, panel eDP Samsung ATNA33XC20, NIC LAN Nirkabel Realtek RTL8188EU, dan NVIDIA Tegra30 sensor termal.

Selain itu, ada kerangka kerja driver VDUSE baru yang mengimplementasikan perangkat blok virtual di ruang pengguna dan driver gpio-virtio baru yang memungkinkan para tamu untuk mengakses jalur GPIO dari sistem host. Dari segi keamanan, Linux 5.15 menambahkan opsi build baru untuk membantu mencegah data bocor keluar dari fungsi, menambahkan dukungan pengesahan jarak jauh berbasis IMA untuk device mapper, dan operasi prctl() baru yang disebut PR_SPEC_L1D_FLUSH untuk menghapus L1D (data level-1 ) cache.

Yang terbaik, Linux 5.15 adalah seri kernel LTS (Long-Term Support), karena ini adalah cabang kernel stabil terakhir yang dirilis pada tahun 2021. Pengembang kernel terkenal Greg Kroah-Hartman akan segera mengumumkan status LTS kernel Linux 5.15 dan untuk berapa tahun itu akan didukung. Sampai saat itu, awasi repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda untuk Linux 5.15 LTS.

Sumber: Google, 9to5linux.com