Kernel Linux 5.16 Mencapai Akhir Masa Pakainya, Pengguna Didesak untuk Upgrade ke Kernel Linux 5.17


Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal pada seri kernel Linux 5.16, yang sekarang ditandai sebagai akhir masa pakai (EOL) di situs web kernel.org, yang berarti bahwa ia tidak akan menerima pembaruan lebih lanjut.

Dirilis sedikit lebih dari tiga beberapa bulan yang lalu, kernel Linux 5.16 menghadirkan fitur seperti panggilan sistem kernel futex_waitv() Collabora yang meningkatkan pengalaman bermain game Anda saat memainkan game Linux asli dan game Windows melalui Wine, kompresi Zstd (Zstandard) yang diperbarui, jenis acara fanotify baru untuk pelaporan kesehatan sistem file , serta dukungan Raspberry Pi Compute Module 4 (CM4).

Pada hari ini, 13 April 2022, kernel Linux 5.16 ditandai sebagai EOL (akhir masa pakainya) dan tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan seperti yang diumumkan sebelumnya oleh perusahaan ternama pengembang kernel Greg Kroah-Hartman, yang juga merilis pembaruan pemeliharaan terakhir dalam seri ini, Linux 5.16.20.
“Catatan, ini adalah rilis kernel 5.16.y TERAKHIR. Sekarang adalah akhir dari kehidupan. Silakan pindah ke cabang 5.17.y pada saat ini,” kata Greg Kroah-Hartman dalam pengumuman milis.
Dengan demikian, jika Anda menggunakan distribusi GNU/Linux yang didukung oleh seri kernel Linux 5.16 dan Anda berencana untuk menggunakannya untuk masa mendatang, Anda harus memperbarui ke pembaruan pemeliharaan Linux 5.16.20 hari ini atau mempertimbangkan untuk memutakhirkan ke kernel Linux 5.17 sesegera mungkin.

Meskipun memperkenalkan banyak fitur dan peningkatan baru, sayangnya, kernel Linux 5.17 juga bukan LTS (Dukungan Jangka Panjang), yang berarti bahwa ia mungkin akan mencapai akhir masa pakainya dalam beberapa bulan mendatang, sekitar akhir Juni 2022.

Tetapi, pada saat itu, kernel Linux 5.18 akan keluar dengan lebih banyak fitur dan peningkatan baru. Rilis terakhir Linux 5.18 diharapkan pada akhir Mei 2022, yang berarti bahwa ia akan mulai mencapai repositori perangkat lunak yang stabil dari beberapa distribusi rilis bergulir paling populer pada awal Juni 2022.

Jika memutakhirkan kernel setiap tiga bulan bukanlah pilihan Anda teh, Anda harus tetap berpegang pada salah satu dari banyak kernel yang didukung jangka panjang. Saya sangat merekomendasikan seri Linux 5.15 LTS karena memperkenalkan implementasi sistem file NTFS baru yang memungkinkan Anda membaca dan menulis data langsung, tanpa harus bergantung pada driver pihak ketiga.

Sumber: Google, 9to5linux.com