Kernel Linux 5.16 Resmi Dirilis, Ini Yang Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Linus Torvalds hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum dari seri kernel Linux 5.16 sebagai cabang kernel utama berikutnya yang menghadirkan fitur-fitur baru dan dukungan perangkat keras yang ditingkatkan.

Setelah dua bulan pengembangan, kernel Linux 5.16 hadir untuk memperkenalkan panggilan sistem kernel futex_waitv() dari Collabora, yang menjanjikan untuk membuat pengalaman bermain game Anda lebih cepat saat memainkan game Linux asli dan game Windows melalui Wine.

Linux kernel 5.16 juga menambahkan dukungan untuk paradigma pemrograman 64-bit Advanced Matrix Extensions (AMX) untuk server, dukungan cluster scheduler untuk tugas tersebut scheduler, jenis acara fanotify baru untuk pelaporan kesehatan sistem file, mekanisme folio halaman baru untuk manajemen memori yang lebih cepat, dan peningkatan kemacetan penulisan.

Selain itu, ini membawa dukungan KFENCE untuk mesin PA-RISC, dukungan untuk ekstensi timer ARM 8.6, Multicast Otomatis Dukungan Tunneling (AMT), kompresi Zstd (Zstandard) yang diperbarui, kemampuan subsistem device-mapper untuk menghasilkan peristiwa audit, serta dukungan audit untuk subsistem io_uring.

Perubahan penting lainnya termasuk dukungan KVM, tabel pengecualian BPF, dan dukungan untuk ruang nama waktu ke arsitektur RISC-V, dukungan untuk prosesor Snapdragon 690, dukungan ruang nama yang dikategorikan untuk file Btrfs sistem, dukungan beberapa perangkat dan dukungan kompresi LZMA untuk sistem file EROFS, dan opsi pemasangan mode alokasi fragmen baru untuk sistem file F2FS.

Di sisi seluler, Linux 5.16 menambahkan dukungan untuk Fairphone 4, Sony Xperia 10 III, Sony Xperia XZ1, Sony Xperia XZ1 Compact, Sony Xperia XZ Premium, Samsung Galaxy S4 Mini Value Edition, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 5s, Xiaomi Mi 5s Plus, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi Mix, dan F(x)tec Pro1 Ponsel QX1000, serta jam tangan pintar LG G Watch R.

Di sisi perangkat ARM, Linux 5.16 menambahkan dukungan untuk papan Raspberry Pi Compute Module 4 (CM4), tablet ASUS Chromebook Tablet CT100, ROCK Pi 4A+ dan ROCK Pi 4B+ ular boa rds, sakelar Netgear GS110EMX, papan MOCHAbin 7040 Globalscale, serta e-readers Kobo Libra H2O dan tolino Vision 5.

Terakhir, kernel Linux 5.16 juga menambahkan fitur baru ke alat DAMON (Data Access MOnitor) untuk memantau akses memori pola khusus untuk proses ruang pengguna yang diperkenalkan di kernel Linux 5.15 LTS, seperti skema operasi, pemantauan memori fisik, dan reklamasi memori proaktif.

Banyak driver telah diperbarui dan yang baru ditambahkan untuk menawarkan dukungan perangkat keras terbaik untuk GNU/Linux Anda distribusi. Tambahan yang patut diperhatikan termasuk dukungan untuk pengontrol Nintendo Joy-Con dan Pro, dukungan untuk Apple Magic Keyboard (2021), driver Realtek 802.11ax baru, dukungan untuk panel Sharp LS060T1SX01, dukungan untuk Surface Pro 8 dan Surface Laptop Studio, dukungan Intel PXP dan dukungan untuk prosesor Intel “Raptor Lake” generasi ke-13, serta dukungan tunneling DisplayPort 2.0 dan USB4 DP awal untuk AMD GPUs.

Anda dapat mengunduh kernel Linux 5.16 sekarang juga dari situs web kernel.org jika Anda adalah pengguna Linux berpengalaman atau pengelola distribusi GNU/Linux yang ingin mengkompilasi kernel mereka sendiri. Semua orang harus menunggu seri kernel Linux baru untuk mendarat di repositori stabil dari distribusi favorit mereka, yang akan terjadi pada akhir Januari 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com