Ketika Waktunya Tiba Untuk GTK5, Ini Mungkin Hanya Wayland Di Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara GTK4 masih dalam tahap awal dan mungkin akan beberapa tahun sebelum “GTK5” bahkan mulai terbentuk, pengembang GNOME sudah berpikir untuk membuang dukungan X11 untuk rilis GTK besar berikutnya — secara efektif menjadikannya hanya Wayland di Linux .
Penting untuk ditekankan bahwa GTK5 kemungkinan akan menjadi jalan keluar yang panjang dengan GTK4 yang masih cukup muda dan segar, tetapi minggu terakhir ini pengembang GNOME mulai berpikir untuk menghilangkan dukungan X11 dalam tonggak utama berikutnya.
Matthias Clasen dari Red Hat membuka edisi di GTK berjudul “Pertimbangkan untuk menjatuhkan backend X11” dengan penjelasan sederhana: “Ini tidak menjadi lebih baik, dan Wayland tersedia secara luas.”
Dalam komentar ditegaskan kembali bahwa ini untuk GTK5 dan bukan pembaruan GTK4. Itu juga dicatat oleh pengembang hulu bahwa kode X11 melihat sedikit aktivitas.
Emmanuele Bassi berkomentar, “Jika “segelintir lingkungan” mencakup 90% dari basis pengguna, saya tidak akan berbicara tentang “penyempitan besar-besaran” sebanyak realokasi upaya proyek yang digerakkan oleh sukarelawan. Dengan kata lain: pembicaraan adalah murah, kode tidak menulis sendiri, dan kode yang tidak dipelihara pasti akan menurun seiring waktu. Masalah yang jelas adalah bahwa X11 tidak mendapatkan fungsionalitas apa pun, dan GTK telah beralih ke Wayland sebagai desain utama untuk fitur dan API . Ini berarti bahwa backend X11 tidak akan mendapatkan fungsionalitas baru apa pun yang akan sangat diandalkan oleh pengembang aplikasi, atau akan bertindak sebagai penghalang untuk mengimplementasikan fungsionalitas tersebut di GTK.”

Kecuali ada masuknya pengembang yang benar-benar berkontribusi peningkatan X11 pada kode toolkit GTK, sangat mungkin bahwa ketika saatnya tiba untuk GTK5 back-end itu bisa langsung dihapus.
Red Hat telah mengerjakan persiapan lain untuk masa depan yang didominasi Wayland saja seperti XWayland rootfull untuk menjalankan desktop lengkap di bawah XWayland, di antara upaya modernisasi hulu lainnya untuk meningkatkan ekosistem Linux.

Itulah berita seputar Ketika Waktunya Tiba Untuk GTK5, Ini Mungkin Hanya Wayland Di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.