Kode Mesa Apple M1 Mulai Berjalan glmark2

Sementara dukungan Apple M1 Linux dimulai dengan baik dan menggunakan Asahi Linux menawarkan kinerja CPU yang baik dan sebagian besar fungsionalitas bekerja setidaknya sampai tingkat tertentu, pemblokir terbesar yang tersisa adalah membuat grafik Apple M1 3D berfungsi. Kemajuan terbaru di bagian depan itu adalah kode Mesa yang berfungsi untuk mulai merender glmark2 dengan benar, tolok ukur OpenGL / GLES dasar.
Alyssa Rosenzweig yang dikenal karena pekerjaannya di tumpukan driver Panfrost di Collabora telah memimpin upaya rekayasa balik grafis dan penulisan driver Apple M1. Tanpa dukungan Apple, komunitas open-source rekayasa balik harus menangani driver kernel DRM/KMS dan dukungan driver Mesa ruang pengguna. Sejauh ini fokus Alyssa dan Asahi adalah mendapatkan driver Gallium3D OpenGL yang berfungsi sebelum memikirkan dukungan Vulkan.
Rosenzweig membagikan akhir pekan ini kemajuan agar glmark2 berhasil dijalankan untuk Apple M1 dengan kode Mesa ini. Kode Mesa ini tampaknya masih diuji di bawah macOS, tetapi setidaknya kemajuan sedang dibuat dengan upaya sumber terbuka ini:
Woo, mengerti!!! jika Anda tidak menari ketika Anda memperbaiki bug Anda, saya tidak tahu apa yang Anda lakukan pemrograman~ pic.twitter.com/g6RLyytfuw

— Alyssa Rosenzweig (@alyssarzg) 9 Mei 2022Itu hanya akhir pekan ini sebelum tonggak itu masih merupakan pertempuran untuk kesuksesan glmark2:
Apa yang kamu inginkan dariku, kelinci?! pic.twitter.com/qYzxovr1qD

— Alyssa Rosenzweig (@alyssarzg) 8 Mei 2022Sementara mainline Mesa telah mengarusutamakan kode M1 awal sejak tahun lalu, kode work-in-progress paling aktif terus terjadi dalam repositori Asahi/Mesa sampai kode itu akhirnya semua ditinjau dan di-upstream. Sejauh ini belum ada driver DRM/KMS sisi kernel untuk M1 yang di-upstream ke kernel Linux tetapi akan datang pada waktunya.

Itulah berita seputar Kode Mesa Apple M1 Mulai Berjalan glmark2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.