Kode NIR yang Ditulis Ulang Untuk Driver Linux Radeon “R600” Lama Meningkatkan Kinerja Pada Tahun 2022

Driver Mesa “R600” Gallium3D open-source untuk mendukung prosesor grafis AMD sebelum seri Radeon HD 7000, back-end NIR yang ditulis ulang telah diterbitkan yang memungkinkan kinerja yang lebih baik dan penggunaan FP64 yang tepat.
Seri Radeon HD 7000 “GCN” yang mengantarkan driver RadeonSI Gallium3D modern untuk pengguna desktop Linux kini berusia satu dekade. Namun, berkat menjadi sumber terbuka, driver R600 untuk Radeon HD 2000 hingga seri HD 6000 untuk GPU yang jauh lebih tua ini masih mendapat perhatian dari pengembang komunitas. Pengembang AMD telah lama mengalihkan perhatian mereka dari pekerjaan driver open-source kuno ini, tetapi kode tersebut terus dikerjakan oleh pengembang Mesa dan membuat beberapa peningkatan menarik bertahun-tahun kemudian.
Baru-baru ini ada pekerjaan menuju komputasi GPU yang lebih baik untuk R600g dan aktivitas yang dilaporkan pada minggu ini adalah back-end NIR yang ditulis ulang yang diposting untuk ditinjau. Salah satu dari sedikit pengembang komunitas yang masih memperhatikan driver R600 Gallium3D, Gert Wollny, telah menulis ulang NIR back-end untuk driver ini selama beberapa bulan terakhir. NIR, tentu saja, adalah representasi menengah modern (IR) Mesa yang lebih modern dan dalam bentuk yang lebih baik daripada IR Gallium3D TGSI konvensional.
Selain kinerja yang lebih baik, seri Radeon HD 6900 pada driver open-source ini sekarang akan melihat penggunaan FP64 yang tepat untuk R600g dengan back-end NIR baru ini. NIR back-end NIR yang ditulis ulang ini menambahkan pengoptimal dan penjadwal back-end. Beberapa regresi diketahui pada saat ini tetapi sejauh ini pada akhirnya akan memberikan kinerja yang lebih baik daripada kode driver R600g saat ini. Selain kinerja yang lebih baik, ini juga memungkinkan dukungan perangkat keras FP64 yang tepat untuk GPU Radeon HD 6900 “Cayman”.
Seri Radeon HD 5000 diluncurkan pada tahun 2009 tetapi sekarang pada tahun 2022 masih melihat peningkatan driver OpenGL Linux oleh komunitas berkat kode yang bersifat open-source.

Sementara driver R600 kembali ke seri HD 2000, back-end NIR yang ditulis ulang ini memiliki hanya dirancang dan diuji untuk seri Radeon HD 5000 dan HD 6000 yang terakhir.
Kita akan melihat apakah kode NIR yang ditulis ulang ini dikancingkan pada waktunya untuk rilis Mesa 22.2 kuartal berikutnya atau diseret lebih lanjut menunggu tinjauan/pengujian. Sepertinya saya perlu membersihkan beberapa kartu seri Radeon HD 5000/6000 saya untuk beberapa benchmark tahun 2022 setelah pekerjaan ini selesai.

Itulah berita seputar Kode NIR yang Ditulis Ulang Untuk Driver Linux Radeon “R600” Lama Meningkatkan Kinerja Pada Tahun 2022, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.