Kompilator GCC 13 Menggabungkan Dukungan Untuk Intel AVX-NE-CONVERT

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai bagian dari kerja pengaktifan kompiler Intel untuk CPU Sierra Forest dan Grand Ridge, dukungan untuk x86_64 AVX-NE-CONVERT adalah fitur terbaru yang digabungkan ke dalam GCC Git pada waktunya untuk GCC 13.
Insinyur kompiler Intel baru-baru ini sibuk memulai pekerjaan pemberdayaan untuk kemampuan set instruksi baru untuk prosesor generasi berikutnya dari Meteor Lake hingga Sierra Forest. Hal ini juga terjadi di sisi LLVM selain GNU Compiler Collection yang banyak digunakan pada sistem Linux.
Mulai pagi ini, Intel AVX-NE-CONVERT adalah fitur terbaru yang telah digabungkan di GCC 13 oleh insinyur Intel Lingling Kong. Sebagai bagian dari ini, opsi “-mavxneconvert” ditambahkan ke GCC untuk mengaktifkan fungsionalitas untuk mengaktifkan instruksi AVXNECONVERT sementara itu akan diaktifkan secara otomatis dengan opsi “-march=” yang akan datang untuk CPU Intel generasi berikutnya ini.
Panduan referensi pemrograman

Intel bulan ini menguraikan AVX-NE-CONVERT bersama dengan instruksi baru lainnya untuk Sierra Forest dan Grand Ridge. AVX-NE-CONVERT memungkinkan konversi BF16 ke FP32, FP16 ke FP32, dan nilai floating-point presisi tunggal ke BF16. Semua detail AVX-NE-CONVERT diuraikan secara lengkap melalui pembaruan PRM terbaru.
Platform Intel Grand Ridge akan memiliki hingga 24-core Atom SoCs sementara Sierra Forest adalah untuk prosesor server Xeon E-core-only generasi pertama. CPU E-core ini tidak memiliki AVX-512 tetapi setidaknya menambahkan sejumlah instruksi baru untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan.

Itulah berita seputar Kompilator GCC 13 Menggabungkan Dukungan Untuk Intel AVX-NE-CONVERT, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.