Laptop AMD Cezanne Lihat Perbaiki Suspend/Resume Menit Terakhir Dengan Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Bagi mereka yang menjalankan laptop bertenaga AMD Ryzen 5000 series “Cezanne”, memasukkan kernel minggu ini menjelang debut Linux 6.1 pada hari Minggu adalah perbaikan penangguhan/pelanjutan yang memengaruhi berbagai model.
Tahun ini ada sejumlah perbaikan suspend-to-idle dan suspend/resume untuk masuk ke kernel arus utama yang memengaruhi berbagai laptop AMD Ryzen. Ini telah menjadi bagian dari penekanan AMD yang lebih luas selama dua tahun terakhir atau lebih untuk meningkatkan dukungan klien Linux mereka. Sekarang minggu ini untuk Linux 6.1 adalah perbaikan penangguhan/resume penting lainnya untuk mendarat di SoC seri Ryzen 5000.

Dikirim hari ini untuk Linux 6.1 — dan telah digabungkan — adalah platform-drivers-x86 untuk 6.1-5 dengan tambalan tunggal sebagai solusi untuk masalah s0i3 pada beberapa sistem AMD.
Tambalan oleh insinyur klien AMD Linux Mario Limonciello menjelaskan:
Platform Cezanne dalam keadaan yang tepat memiliki masalah sinkronisasi di mana upaya untuk memasuki s2idle mungkin gagal jika inti x86 dimasukkan ke HLT sebelum perangkat keras dilanjutkan dari upaya sebelumnya selesai.
Untuk menghindari masalah ini, tambahkan penundaan 10-20ms sebelum memasuki s2idle di lain waktu. Pemecahan masalah ini hanya akan diterapkan pada interupsi yang membangunkan perangkat keras tetapi tidak merusak loop s2idle. Ya, hanya menambahkan sedikit tidur harus memperbaiki penangguhan/melanjutkan untuk lebih banyak laptop seri Ryzen 5000 di Linux.

Kernel stabil Linux 6.1 diharapkan akan dirilis pada hari Minggu, 11 Desember, dengan perbaikan ini bersama banyak fitur menarik lainnya. Di sisi AMD dengan kernel ini adalah AMD LbrExtV2 dan CPU cache-to-cache dan pelaporan memori dengan perf untuk CPU Zen 4, tabel halaman AMD IOMMU v2 berfungsi, pengenalan AMD Platform Management Framework, perbaikan AMD P-State, lanjutan Perubahan grafis AMD Radeon RDNA3, geng AMDGPU mengirimkan dukungan yang dibutuhkan oleh driver RADV Vulkan untuk mesh shader, dan banyak lagi.

Itulah berita seputar Laptop AMD Cezanne Lihat Perbaiki Suspend/Resume Menit Terakhir Dengan Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.