Lebih Banyak Kode AMD RDNA3 Disiapkan Untuk Linux 5.19, RADV Memulai Landing Task Shaders

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara penggemar open-source pagi ini merayakan NVIDIA yang akhirnya menerbitkan kode driver kernel open-source sebagai langkah untuk membuka driver mereka, pengembang driver AMD Radeon open-source berjalan seperti biasa dan tidak terpengaruh oleh pendekatan open kernel-only NVIDIA. Kumpulan kode grafis AMD lainnya dikirim pagi ini ke DRM-Next dan kemudian di ruang pengguna, driver RADV Vulkan Mesa telah mendapatkan lebih banyak kode tugas shader.
Sebagai fitur terakhir yang mungkin menarik untuk AMDGPU/AMDKFD ke DRM-Berikutnya dari materi yang direncanakan untuk Linux 5.19, AMD mengirimkan lebih banyak kode pengaktifan blok IP grafis dari apa yang hampir pasti semuanya untuk GPU RDNA3. Tarik hari ini memiliki pengaktifan enkode/dekode video VCN 4.0 serta blok NBIO 4.3, IH 6.0, HDP 6.0, HDP 5.2, NBIO 7.7, GMC 11.0, GCC 11.0, dan SDMA 6.0. Ini semua adalah bagian dari strategi pemberdayaan blok-demi-blok baru mereka dengan driver mereka pindah ke pendekatan enumerasi berbasis IP.
Selain driver kernel AMDGPU yang melihat banyak blok baru diaktifkan, blok lain yang baru-baru ini diperkenalkan dari penarikan sebelumnya telah melihat pembaruan. Ada pembaruan untuk dukungan untuk SMUI 13.x, PSP 13.x, SMU 13.x, dan lainnya. Ditambah permintaan tarik terbaru ini menambahkan dukungan VCN RAS, perbaikan keandalan RAS lainnya, pembersihan kode, dan berbagai perbaikan lainnya secara keseluruhan.

Lihat tarikan ini untuk detail terbaru tentang perubahan driver AMDGPU/AMDKFD yang ditambahkan ke materi Direct Rendering Manager untuk Linux 5.19.
Secara terpisah, di ruang pengguna dan di luar AMD, pengembang Valve Timur Kristóf telah menggabungkan dukungan task shader RADV dengan perubahan terkait kompiler. Dukungan panggilan draw shader tugas dan mesh masih perlu diterapkan dan mengekspos ekstensi NV_mesh_shader. Bagaimanapun, kemenangan di sini dengan kode dukungan terbaru digabungkan. Seperti yang diringkas oleh Timur, “Task shader adalah tahap opsional yang dapat dijalankan sebelum shader Mesh dalam pipa grafis. Ini adalah tahap seperti komputasi yang output utamanya adalah jumlah kelompok kerja shader mesh yang diluncurkan (1 kelompok kerja shader tugas dapat diluncurkan hingga 2^22 mesh shader workgroups), dan juga memiliki output payload opsional hingga 16K byte.”

Itulah berita seputar Lebih Banyak Kode AMD RDNA3 Disiapkan Untuk Linux 5.19, RADV Memulai Landing Task Shaders, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.