Lingkungan Desktop GNOME 42 Sekarang Tersedia untuk Pengujian Publik


Proyek GNOME hari ini mengumumkan ketersediaan untuk pengujian publik dari seri lingkungan desktop GNOME 42 yang akan datang dalam versi pra-rilis status alpha.

GNOME 42 alpha sekarang siap untuk pengujian publik untuk memberikan komunitas Linux dan Open Source rasa awal dari apa yang mereka dapat diharapkan dari rilis besar berikutnya dari salah satu lingkungan desktop paling populer untuk sistem operasi yang didukung Linux, digunakan pada desktop dan seluler.

Perubahan terbesar dalam rilis GNOME 42 seputar komponen GTK 4 dan libadwaita. Beberapa aplikasi default yang didistribusikan sebagai bagian dari tumpukan GNOME telah di-porting ke GTK 4 untuk tampilan yang lebih modern dan fungsionalitas tambahan. Berikut adalah tampilan pertama beberapa di antaranya.

Di sisi lain, sebagian besar aplikasi GNOME di-porting ke libadwaita untuk menerapkan preferensi gaya gelap. Ini berarti bahwa semua aplikasi GNOME yang di-porting ke libadwaita akan dapat memberikan tema terang dan gelap.

Perubahan penting lainnya dalam lingkungan desktop GNOME 42 yang akan datang adalah penggantian editor teks Gedit, yang memisahkan banyak dari kita dengan baik selama bertahun-tahun, dengan Editor Teks GNOME yang lebih modern yang dikembangkan oleh Christian Hergert, yang juga dikenal karena mengembangkan aplikasi Pembuat GNOME.

Beberapa perubahan penting lainnya termasuk utilitas tangkapan layar yang diubah, dialog Preferensi baru untuk aplikasi Kotak GNOME, dukungan instalasi ganda untuk GNOME Aplikasi Maps, manajer paket Perangkat Lunak GNOME yang jauh lebih baik dengan banyak tambahan hebat, widget Termometer baru di aplikasi Cuaca GNOME, banyak peningkatan Wayland di Mutter, serta font yang ditingkatkan.

Anda yang tertarik untuk mencoba versi alfa ini Lingkungan desktop GNOME 42 yang akan datang dapat menggunakan distribusi yang tidak stabil seperti Fedora Rawhide atau openSUSE Krypton.

Lebih banyak pengguna tingkat lanjut yang ingin mengompilasi GNOME 42 alpha dapat menggunakan snapshot proyek BuildStream resmi yang dapat mereka unduh dari sini (disarankan karena menyediakan instalasi kotak pasir yang tidak akan memengaruhi sistem host Anda) atau paket sumber independen dari sini.

Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis, terutama ditujukan untuk tujuan pengujian dan peretasan. Menjadi versi alfa, Anda akan mengharapkan banyak bug dan fitur yang hilang.

Rilis pengembangan berikutnya dalam siklus GNOME 42 adalah versi beta, yang saat ini dijadwalkan untuk rilis pada pertengahan Februari. Rilis final lingkungan desktop GNOME 42 diharapkan pada 23 Maret 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com