Lingkungan Desktop KDE Plasma 5.24 Secara Resmi Dirilis sebagai Seri LTS Berikutnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek KDE hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum KDE Plasma 5.24 sebagai seri LTS (Long-Term Support) berikutnya dari lingkungan desktop yang kuat dan modern ini untuk distribusi GNU/Linux.

Fitur baru terbesar di KDE Plasma 5.24 termasuk dukungan untuk sidik jari pembaca, yang akan Anda gunakan untuk membuka kunci layar, mengautentikasi dalam aplikasi yang memerlukan kata sandi administrasi, atau mengautentikasi dengan sudo pada baris perintah, serta efek Tinjauan baru yang memungkinkan Anda mengontrol ruang kerja virtual dan juga menemukan pencarian hasil dari KRunner.

Efek Ikhtisar tidak diaktifkan secara default sehingga Anda harus mengaktifkannya dari halaman Perilaku Ruang Kerja di Pengaturan Sistem. Kemudian, Anda dapat mengaktifkannya menggunakan pintasan keyboard Super+W. Tersedia dua mode tata letak, Natural (default) dan Closest, dan Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan latar belakang buram dari pengaturannya. peningkatan kinerja utama untuk pengguna GPU NVIDIA, dan efek “Skala” menggantikan efek “Pudar” sebagai default saat membuka dan menutup windows.

Turun ke area baki sistem, sebagian besar widget menerima fitur dan peningkatan baru, termasuk Volume Audio, Baterai & Kecerahan, Pemutar Media, dan widget Cuaca. Selain itu, panel dan pengelola tugas menerima berbagai perubahan dengan lebih banyak opsi penyesuaian dan opsi baru untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

Perubahan UI penting lainnya termasuk pembukaan jendela baru di tengah layar secara default, dukungan untuk windows untuk mengingat tampilan terakhir mereka aktif dalam pengaturan multi-monitor, kemampuan untuk membuat komputer Anda tidur/hibernasi langsung dari layar kunci, dukungan untuk pemberitahuan saat mengirim atau menerima file melalui Bluetooth, serta dukungan untuk folder untuk menghormati warna aksen atau warna skema sistem Anda.

Penggemar sesi Plasma Wayland akan senang melihat dukungan untuk warna yang lebih besar dari 8-bit, dukungan untuk widget “Minimalkan Semua Windows”, dukungan “penyewaan DRM” untuk mendukung headset VR dengan lebih baik, tablet gambar baru halaman di Pengaturan Sistem, dukungan untuk utilitas tangkapan layar Spectacle untuk mengakses mode “Jendela Aktif”, konsep “monitor utama” seperti X11, dukungan stylus yang ditingkatkan, dukungan untuk perkecil atau ma windows ximized untuk mengingat desktop virtual yang mereka gunakan saat memulihkannya, serta dukungan untuk bersepeda melalui lebih dari dua aktivitas sekaligus menggunakan hotkey Super+Tab.

Perubahan menarik lainnya di KDE Plasma 5.24 termasuk dukungan untuk Tema Global untuk menentukan dan ubah tata letak Latte Dock, desain yang lebih modern untuk pengelola kata sandi “Plasma Pass”, navigasi keyboard lengkap untuk widget Clipboard dan baki sistem Jaringan, KWrite sebagai editor teks default alih-alih Kate, tema dan skema warna Breeze yang jauh lebih baik, juga sebagai komponen KRunner dan Pengelola Tugas yang ditingkatkan.

Tapi tunggu, bukan itu saja, karena KDE Plasma 5.24 juga meningkatkan Pengaturan Sistem untuk memungkinkan Anda memilih warna aksen khusus Anda sendiri di halaman Warna, tambahkan opsi “Soroti Pengaturan yang Diubah” di Warna Malam, dukung lebih banyak baterai dalam fitur batas pengisian baterai, mengubah halaman Format, menghormati fitur “Tampilkan Pengaturan yang Diubah” dan mendukung lebih dari 8 tata letak cadangan di halaman Keyboard, dan tampilkan faktor skala yang digunakan untuk setiap layar di halaman Tampilan & Monitor.

Jika Anda menggunakan aplikasi Flatpak, Anda harus tahu bahwa manajer paket grafis Plasma Discover di KDE Plasma 5.24 mempermudah pengelolaan repositori Flatpak pada distribusi GNU/Linux Anda, seperti selain untuk membuka dan menginstal aplikasi Flatpak yang diunduh secara lokal, juga menambahkan repositori mereka ke sistem Anda.

Selain semua peningkatan rapi ini yang mungkin akan membuat Anda lebih produktif dalam jangka panjang, KDE Plasma 5.24 juga dilengkapi dengan peningkatan tersembunyi yang , misalnya, akan mematikan lingkungan desktop lebih cepat dari sebelumnya. Anda mungkin juga harus memperhatikan waktu respons yang jauh lebih cepat.

Yang terbaik, karena ini adalah seri yang didukung jangka panjang (LTS), KDE Plasma 5.24 akan didukung selama 18 bulan ke depan dengan rilis poin (alias pembaruan pemeliharaan) yang membawa lebih banyak bug perbaikan untuk menjaga lingkungan desktop tetap stabil dan dapat diandalkan.

Anda akan mendapatkan KDE Plasma 5.24 dari repositori stabil distribusi Anda dalam beberapa hari atau minggu mendatang, tergantung pada seberapa cepat pengelola distro Anda mengemas versi baru. Jika Anda ingin menggunakannya sekarang, taruhan terbaik Anda adalah mendapatkan distribusi rilis bergulir seperti KDE neon, Arch Linux, atau openSUSE Tumbleweed.

Sumber: Google, 9to5linux.com