Lingkungan Desktop LXQt 1.0.0 Dirilis Setelah 8 Tahun Pengembangan, Inilah Yang Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Tim LXQt dengan bangga mengumumkan hari ini rilis dan ketersediaan umum lingkungan desktop LXQt 1.0.0 sebagai rilis utama yang menghadirkan fitur dan peningkatan baru.

Setelah lebih dari delapan tahun pengembangan dan enam bulan setelah LXQt 0.17.0, LXQt 1.0.0 adalah di sini sebagai versi dewasa pertama dari Lingkungan Desktop Qt Ringan, penerus lingkungan desktop LXDE yang ringan, tetapi ditulis dalam Qt daripada GTK.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, LXQt 1.0.0 dikemas dengan banyak fitur baru, seperti dua fitur baru Tema LXQt, mode Jangan Ganggu di LXQt Desktop Notifications, plugin Panel LXQt baru yang disebut “Perintah Kustom” yang memungkinkan Anda menjalankan perintah khusus, serta kemampuan untuk menyimpan dan memuat palet Qt di Konfigurasi Penampilan LXQt.

LXQt manajer file, PCManFM-Qt, juga menerima banyak barang, seperti kemampuan untuk menangani emblem, kustomisasi folder secara rekursif, opsi baru dalam dialog file LXQt, opsi baru untuk membuat desktop ite ms sticky secara default, dan peningkatan untuk kelancaran pengguliran dengan roda mouse.

PCManFM-Qt juga menunjukkan tindakan mount, unmount, dan eject dalam menu konteks file di bawah komputer:///, menangani volume terenkripsi dengan lebih baik, meningkatkan pencarian regex tidak peka huruf besar-kecil Cyrillic, memastikan urutan pemilihan yang benar dengan Shift+Kiri Mouse klik di tampilan ikon, dan meningkatkan pemantauan file di dalam folder symlinks.

Selain itu, LXQt 1.0.0 juga menghadirkan penampil gambar yang jauh lebih baik dengan dukungan untuk mengingat lebar dermaga EXIF, langsung penggantian nama gambar, opsi baris perintah baru untuk memulai aplikasi dalam layar penuh, serta opsi untuk menonaktifkan penghalusan gambar saat memperbesar, dan untuk menyembunyikan atau menampilkan bilah alat utama dan bilah menu. arsip dengan daftar terenkripsi, LXQt Power Management memungkinkan pengguna menjeda pemeriksaan kemalasan selama 30 menit hingga 4 jam dari ikon baki, dan Panel LXQt menangani ikon dengan lebih baik di Status Notifier.

Terakhir tetapi tidak leas t, emulator terminal QTerminal telah diperbarui dalam rilis ini untuk memungkinkan mengutip nama file yang diseret dan dijatuhkan ke dalam aplikasi, memangkas string shell, menawarkan opsi untuk menjaga jendela drop-down tetap terbuka, dan menawarkan solusi untuk kesalahan posisi menu di bawah Wayland.

Rilis ini juga memperbaiki navigasi keypad di Menu Utama, memperbaiki scrolling roda touchpad pada gambar di LXImage Qt, menambahkan “Pengaturan Lain” ke Pusat Konfigurasi, menambahkan pemfilteran untuk mempermudah menemukan pintasan keyboard, memperbaiki kerusakan di QTerminal saat berjalan di bawah KDE Plasma di Wayland, yang terjadi saat membuka tab dan membelah.

Di bawah tenda, LXQt 1.0.0 bergantung pada seri Qt 5.15 LTS dari kerangka aplikasi populer dan sumber terbuka. Tentu saja banyak terjemahan bahasa telah diperbarui dan berbagai bug lainnya telah dipadamkan.

LXQt 1.0.0 akan segera tersedia untuk instalasi dari repositori perangkat lunak yang stabil dari berbagai distribusi GNU/Linux. Lihat situs web resmi untuk melihat cara menginstal LXQt di distro.

favorit AndaKredit gambar: LXQt Project

Sumber: Google, 9to5linux.com