Linus Torvalds Mengumumkan Kandidat Rilis Kernel Linux 5.17 Pertama


Dua minggu telah berlalu sejak rilis Linux 5.16 dan pembukaan jendela penggabungan untuk rilis kernel utama berikutnya, Linux 5.17, yang ditutup hari ini dengan peluncuran pencapaian Release Candidate (RC) pertama untuk pengujian publik.

Linus Torvalds baru saja diumumkan hari ini Kandidat Rilis pertama dari kernel Linux 5.17, yang terlihat sebagai rilis normal dengan jumlah perubahan dan fitur baru yang normal. Tidak ada yang mewah, dan tidak ada yang menonjol. Ada sedikit segalanya untuk semua orang.

Menurut Linus Torvalds, sebagian besar adalah berbagai pembaruan driver, dan ada juga pembaruan arsitektur, dokumentasi, dan perkakas. Namun, generator angka acak bekerja dan penulisan ulang alat cache lokal persisten fscache menonjol di seri kernel Linux 5.17 yang akan datang.
“[Linux] 5.17 tampaknya tidak dijadwalkan untuk menjadi rilis besar, dan semuanya terlihat adil normal. Kami memiliki sedikit lebih banyak aktivitas daripada biasanya di beberapa sudut kernel (generator angka acak dan penulisan ulang fscache menonjol), tetapi bahkan dengan hal-hal itu, tampilan gambar besar terlihat sangat normal,” kata Linus Torvalds.
Rilis terakhir dari kernel Linux 5.17 diharapkan pada pertengahan Maret 2022. Seperti biasa, rilisnya tergantung pada berapa banyak pencapaian Kandidat Rilis yang akan dirilis selama seluruh siklus pengembangan.

Jika akan ada tujuh RC, kami melihat pada 13 Maret untuk tanggal rilis final, tetapi jika Kandidat Rilis kedelapan akan diterbitkan, kita melihat tanggal 20 Maret untuk tanggal rilis final Linux 5.17.

Sampai saat itu, jika Anda ingin membantu pengembang kernel menemukan dan memperbaiki bug di kernel Linux 5.17, lanjutkan dan unduh Kandidat Rilis pertama dari situs web kernel.org. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pengembangan awal, TIDAK cocok untuk digunakan di mesin produksi.

Sumber: Google, 9to5linux.com