Linux 5.19 Akan Sangat Menyenangkan Bagi Pelanggan Intel, Banyak Fitur Lain yang Diharapkan

Kecuali jika Linus Torvalds memiliki keberatan hari ini tentang perubahan yang mendarat di kernel minggu lalu dan memutuskan untuk mengeluarkan RC tambahan, Linux 5.18 diharapkan akan dibaptis sebagai stabil hari ini dan yang pada gilirannya akan menandai dimulainya jendela penggabungan Linux 5.19. Berdasarkan aktivitas “-next”, berikut adalah tampilan banyak perubahan yang diharapkan untuk digabungkan untuk Linux 5.19.
Linux 5.18 memiliki banyak fitur baru tetapi seperti biasa ada Linux N+1 untuk dinanti juga… Dengan pemantauan harian saya dari banyak subsistem Linux “-next” cabang Git, di bawah ini adalah tampilan materi yang sedang antri yang seharusnya dikirim selama jendela penggabungan Linux 5.19. Tentu saja, ada kemungkinan perubahan menit terakhir atau Linus Torvalds menemukan keberatan jika ada masalah kualitas kode, tetapi di bawah ini adalah daftar kasar item yang menurut saya menarik dalam pemantauan “-berikutnya” selama beberapa minggu terakhir.
Linux 5.19 diatur untuk membawa lebih banyak pekerjaan pengaktifan Apple M1 ke hulu, sangat berat pada pengaktifan perangkat keras CPU/GPU Intel yang akan datang, memiliki beberapa perubahan AMD seperti SEV-SNP akhirnya di-upstream, kinerja bekerja pada exFAT dan sistem file lainnya, terkompresi Zstd dukungan firmware, dan banyak lagi. Di sisi AMD juga ada lebih banyak lagi dukungan kerja pengaktifan RDNA3 sebagai persiapan untuk peluncuran kartu grafis seri Radeon RX 7000 akhir tahun ini.

Ketika datang ke perubahan Intel di Linux 5.19 di antara materi yang diharapkan adalah virtualisasi IPI, Intel In-Field Scan “IFS” untuk menemukan silikon yang salah, Intel TDX, Arc Graphics DG2/Alchemist yang sepertinya harus dalam kondisi yang layak akhirnya dengan ini kernel, dan pekerjaan pemberdayaan lainnya (penambahan ID PCI, dll) untuk Raptor Lake dan prosesor/SoC lain yang akan datang.
Beberapa perubahan Linux 5.19 yang diharapkan meliputi:
– Grafik Intel DG2/Alchemist tampaknya stabil dengan Linux 5.19 yang disetel untuk mengekspos dukungan komputasi ke ruang pengguna, menambahkan ID PCI produksi, dan banyak lagi. Linux 5.19 mungkin menjadi versi kernel minimum yang direkomendasikan untuk kartu grafis diskrit Intel yang akan datang ini, tetapi kami akan tahu pasti lebih dekat untuk diluncurkan.
– Dukungan grafis Intel Raptor Lake P.
– Intel In-Field Scan (IFS) untuk menemukan silikon yang rusak sedang digarisbawahi untuk bantuan dengan pengujian pusat data dan skenario lain seputar menemukan masalah perangkat keras sebelum penyebaran produksi atau seiring bertambahnya usia perangkat keras.
– Pemberdayaan Intel TDX di sekitar Trust Domain Extensions harus diarahkan untuk mempersiapkan perlindungan VM yang lebih baik dengan CPU server generasi berikutnya.
– Upstreaming AMD SEV-SNP juga sepertinya akan terjadi untuk Linux 5.19.
– Pengambilan Sampel Cabang AMD “BRS” sedang digarisbawahi.
– Pelaporan Sysfs untuk lokasi fisik perangkat pada sistem.
– Peningkatan manajemen daya untuk Arc Graphics melalui permainan ASPM.
– Banyak pekerjaan awal untuk GPU AMD Radeon RDNA3 yang diluncurkan akhir tahun ini.
– Ada juga pekerjaan yang sedang berlangsung untuk akselerator CDNA Instinct AMD generasi berikutnya.
– Dukungan pengalokasi sobat DRM AMDGPU.
– Driver Rockchip VOP2 DRM sedang diperkenalkan untuk menangani pengontrol tampilan pada SoC Rockchip yang lebih baru.
– Tampilan Stream Compression dan peningkatan lainnya untuk driver Qualcomm MSM DRM.
– Dukungan ASpeed ​​AST2600 BMC untuk DisplayPort.
– Pengaktifan tampilan MediaTek MT8186 sebagai bagian dari pembaruan DRM MediaTek.
– Dukungan penyimpanan NVMe untuk perangkat keras Apple M1.
– Driver Apple eFUSE sebagai upaya tambahan Asahi Linux untuk perangkat keras Apple M1.
– Keyboard Keychron C-Series/K-Series akan berperilaku lebih baik dengan perubahan HID-Apple di Linux 5.19.
– Driver untuk Raspberry Pi SENse HAT Joystick.
– Dukungan yang lebih baik untuk Lenovo ThinkPad TrackPoint Keyboard II.
– Pengikatan jalur Thunderbolt/USB4 XDomain untuk kinerja yang lebih cepat saat menghubungkan dua sistem Intel Alder Lake melalui Thunderbolt.
– Penanganan tampilan Thunderbolt yang lebih baik yang dirangkai dengan daisy chain ke perangkat keras Apple.
– Virtualisasi Intel IPI siap untuk kernel berikutnya untuk penanganan interupsi antar-proses yang lebih baik dengan overhead yang lebih rendah.
– RISC-V sedang mempersiapkan mode COMPAT untuk menangani aplikasi ruang pengguna RISC-V 32-bit pada kernel 64-bit, dukungan beban kexec_file, dukungan untuk Supervisor-Mode: ekstensi Jenis Memori Berbasis Halaman, kerangka kerja “alternatif” untuk patching run-time dari perangkat keras yang tidak sesuai spesifikasi, dan banyak lagi.
– Dukungan untuk mengatur nama host melalui opsi boot kernel.
– Pembuatan file FAT/pelaporan waktu lahir melalui statx().
– Dukungan sub-halaman Btrfs RAID 5/6 sudah siap.
– Beberapa peningkatan pada ZoneFS.
– Peningkatan kinerja yang besar untuk exFAT saat memusatkan perhatian pada sebuah cluster.
– Restrukturisasi driver jaringan Xilinx Solarflare untuk mempersiapkan pemindahan dukungan “Siena” ke modulnya sendiri untuk IP generasi lama tersebut.
– Dukungan sakelar modular NVIDIA Mellanox SN4800.
– Sebuah perpustakaan termal baru dan alat penangkap suhu sedang ditambahkan ke pohon kernel.
– Dukungan driver Intel Idle untuk Alder Lake.
– Dukungan untuk memulai pembaruan firmware melalui sysfs.
– Driver Linux untuk Google Hangouts Meet Speakermic untuk menangani masalah tombol bisu.
– Dukungan Ekstensi Matrix Arm Scalable di dalam kernel.
– Firmware terkompresi Zstd akhirnya terjadi.
– Target mesin Motorola M68k virtual yang jauh lebih mumpuni yang memungkinkan lebih banyak RAM dan kemampuan lainnya.
– Dukungan pengontrol kipas OCTO Aquacomputer.
– Driver WiFi “WFX” Silicon Labs dipromosikan keluar dari area pementasan kernel.
Mungkin juga kita bisa melihat dukungan MGLRU (Multi-Gen LRU) dan CPU LoongArch tetapi saat ini tampaknya kurang dari pasti.
Pantau terus Phoronix untuk liputan lebih lanjut selama jendela penggabungan Linux 5.19 dan setelah itu saya akan memulai dengan pembandingan kernel Linux 5.19 yang biasa.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Akan Sangat Menyenangkan Bagi Pelanggan Intel, Banyak Fitur Lain yang Diharapkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.