Linux 5.19 Mendapat Driver Intel IFS Baru Untuk Membantu Mendeteksi Silikon yang Rusak

Di antara banyak peningkatan driver Intel di Linux 5.19, driver “In-Field Scan” (IFS) baru Intel kini telah tampil perdana di kernel arus utama untuk menguji prosesor masa depan terhadap masalah silikon apa pun sebelum penerapan atau seiring bertambahnya usia prosesor. Pengelola Platform Drivers x86 Hans de Goede dari Red Hat mengirimkan pembaruan fitur v5.19 yang digabungkan tadi malam. Yang paling menonjol dengan pembaruan “PDx86” untuk versi kernel berikutnya adalah pengenalan driver Intel In-Field Scan.

Intel In-Field Scan Saya awalnya menulis tentang kembali pada bulan Maret sebagai memungkinkan untuk tes “dalam-lapangan” pada CPU masa depan. Intel IFS bertujuan untuk memberikan pengujian tingkat sirkuit pada CPU untuk mendeteksi masalah perangkat keras yang tidak terdeteksi oleh pemeriksaan paritas atau ECC. Tes Intel IFS dapat dilakukan sebelum menerapkan sistem/server baru ke dalam produksi atau secara rutin melakukan tes tersebut selama masa pakai sistem untuk memastikan tidak ada masalah tingkat perangkat keras yang muncul seiring waktu. Setidaknya untuk saat ini In-Field Scan difokuskan pada prosesor server Intel dan kebutuhan hyperscaler, OEM, dan penerapan server Intel Linux besar lainnya daripada untuk produk klien. Driver IFS Linux yang baru hanya menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankan pengujian dan bukan pengujian kasus itu sendiri. Tes tingkat sirkuit Intel dimuat sebagai biner yang mirip dengan mikrokode CPU Intel. Pengujian khusus untuk keluarga CPU/model/kombinasi langkah tertentu dan diautentikasi sebelum dimuat dalam memori aman CPU. Saya belum melihat Intel mempublikasikan tes IFS ini sehingga masih harus dilihat seberapa lengkap tes tingkat sirkuit mereka atau detail lainnya, tetapi mungkin akan belajar lebih banyak setelah Xeon Sapphire Rapids diluncurkan secara resmi akhir tahun ini. Intel In-Field Scan

Berinteraksi dengan Intel IFS dapat dilakukan melalui sysfs. Tes dapat dimuat melalui /sys/devices/system/cpu/ifs/reload. Memicu tes IFS untuk kemudian dijalankan pada semua inti CPU yang tersedia kemudian dapat dilakukan melalui penulisan ke /sys/devices/system/cpu/ifs/run_test. Driver IFS juga memungkinkan pengujian inti CPU spesifik individu juga melalui sysfs. Setelah pengujian, hasilnya ditulis ke /sys/devices/system/cpu/ifs/status untuk pelaporan jika semua inti CPU lulus/gagal/belum diuji. Perubahan driver platform x86 lainnya untuk Linux 5.19 termasuk peningkatan driver AMD PMC, dukungan pesan AMD HSMP v5 untuk CPU AMD EPYC di masa mendatang, dan pembaruan rutin lainnya. Driver Gigabyte WMI juga telah menambahkan dukungan untuk motherboard Z490 AORUS ELITE AC, X570 AORUS ELITE WIFI, dan B660 GAMING X DDR4.

Itulah berita seputar Linux 5.19 Mendapat Driver Intel IFS Baru Untuk Membantu Mendeteksi Silikon yang Rusak, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.