Linux 5.20 Untuk Menampilkan Pengguliran Konsol yang Lebih Cepat Saat Boot Untuk Driver FBDEV Lama

Pull request DRM-Misc-Next minggu ini dikirim dari perubahan DRM baru yang siap untuk diantrekan sebelum Linux 5.20. Tidak terlalu banyak yang membuat saya bersemangat untuk pembaruan kode minggu ini ke DRM-Next, tetapi ada “fbcon: Tingkatkan kinerja pengguliran” yang menarik perhatian saya.
Performa scrolling ini bekerja untuk frame-buffer console (FBCON) ternyata ditujukan untuk meningkatkan performa scrolling pada saat booting. Perubahan ini ditargetkan untuk meningkatkan kinerja pengguliran frame-buffer device (FBDEV) saat logo ditampilkan (seperti yang biasa terjadi pada logo Tux) di tengah pesan boot untuk mereka yang tidak menggunakan setup splash boot grafis seperti Plymouth.
Pengoptimalan untuk Linux 5.20 ini tidak meningkatkan kinerja jika menggunakan driver DRM dengan FBCON tetapi lebih untuk mereka yang masih mengandalkan driver FBDEV yang dipercepat.
Pengelola

FBDEV merangkum perbedaan dengan peningkatan kinerja pengguliran ini sebagai, “jika Anda menjalankan driver fbdev yang dipercepat dan mengaktifkan FRAMEBUFFER_CONSOLE_LEGACY_ACCELERATION, pengguliran konsol diperlambat oleh beberapa faktor sehingga terasa seolah-olah Anda menggunakan terminal baud 9600. Jadi, hapus yang tidak perlu memeriksa dan mempercepat akselerasi konsol fbdev saat boot.”
Di luar kinerja pengguliran saat boot, perubahan ini tampaknya tidak memiliki dampak lain. Pengoptimalan pengguliran dan perubahan ke driver Direct Rendering Manager yang lebih kecil ini adalah bagian dari tarikan drm-misc-next minggu ini.

Itulah berita seputar Linux 5.20 Untuk Menampilkan Pengguliran Konsol yang Lebih Cepat Saat Boot Untuk Driver FBDEV Lama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.