Linux 6.0 KVM Membawa Virtualisasi Intel IPI, AMD x2AVIC

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ada beberapa perubahan penting yang perlu disebutkan dalam hal virtualisasi KVM dengan Linux 6.0.
Di sisi Intel untuk virtualisasi KVM dengan Linux 6.0, ada dukungan virtualisasi Intel IPI setelah akhirnya tidak ditarik ke Linux 5.19. Virtualisasi Inter-Process Interrupts (IPI) bertujuan untuk menghilangkan VM-exit saat mengeluarkan IPI (inter-processor interrupts) pada vCPU sumber. Virtualisasi IPI digariskan oleh Intel tahun lalu dalam pembaruan manual referensi programmer dan tak lama kemudian para insinyur Intel mulai memposting patch dukungan Linux mereka. Virtualisasi IPI bertujuan untuk menyediakan interupsi antar-proses yang lebih efisien dalam VM. Dukungan Virtualisasi IPI ini harus menghilangkan “banyak overhead” yang ditunjukkan dengan tugas intensif IPI dan di sisi perangkat keras akan didukung dengan prosesor “Sapphire Rapids” Xeon Scalable yang akan datang.
Virtualisasi PEBS untuk server Xeon Ice Lake yang ada juga diperkenalkan dengan Linux 6.0. Kernel Linux telah mendukung Precise Event Based Sampling (PEBS) untuk presisi pengambilan sampel yang lebih besar dan telah ada dukungan untuk tearing yang memungkinkan pembuatan profil dalam tamu KVM. Perubahan dengan Linux 6.0 membutuhkan PEBS ramah EPT untuk menawarkan dukungan pada server Ice Lake.
Sementara di sisi AMD ada dukungan x2AVIC yang digabung untuk KVM. Sejak awal tahun ini AMD telah mempersiapkan dukungan virtualisasi x2APIC untuk meningkatkan batas KVM menjadi 511 CPU dari batas saat ini 255 vCPU. x2AVIC ini penting untuk prosesor AMD EPYC generasi berikutnya. Genoa dijadwalkan memiliki hingga 96 core / 192 thread per socket atau Bergamo pada 128 core / 256 thread per socket, sehingga dengan server 2P, batasan 255 vCPU yang ada dapat dengan mudah dicapai. Dukungan x2AVIC mengatasi keterbatasan ini.
RISC-V dengan KVM untuk Linux 6.0 sementara itu menambahkan kerangka kerja emulasi instruksi sistem, kerangka kerja emulasi CSR, dukungan ekstensi Svpbmt di dalam tamu, dan peningkatan lainnya.
Ada juga berbagai peningkatan lain seperti memungkinkan mitigasi halaman besar NX dinonaktifkan berdasarkan per-VM, dukungan untuk mendapatkan/mengatur bit data port speaker, dan perbaikan lainnya.
Lihat permintaan tarik untuk daftar lengkap perubahan Mesin Virtual berbasis Kernel untuk siklus Linux 6.0.

Itulah berita seputar Linux 6.0 KVM Membawa Virtualisasi Intel IPI, AMD x2AVIC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.