Linux 6.0 Melanjutkan Plumbing Untuk Compute Express Link (CXL)

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kernel Linux terus membuat persiapan seputar Compute Express Link (CXL) yang sangat menarik berkat kerja para insinyur Intel.
Perubahan CXL diajukan pada hari Selasa untuk Linux 6.0. Fitur CXL besar menambahkan siklus ini adalah infrastruktur awal di sekitar penyediaan wilayah CXL. Dan Williams dari Intel merangkum perubahan CXL untuk Linux 6.0 sebagai:
…untuk menerima dukungan dan infrastruktur awal untuk penyediaan wilayah CXL yang dinamis dan pembaruan lainnya. Dukungan dianggap “awal” karena hanya menangani penyediaan memori persisten, dan hanya untuk bagian penyiapan dekode dari proses.
Ini penting untuk digabungkan dalam formulir ini karena merupakan dasar untuk pengembangan lain yang bergantung pada objek `struct cxl_region` yang baru. Pengembangan lanjutan untuk fitur-fitur seperti perakitan wilayah dari label, terjemahan alamat untuk penanganan kesalahan, dan penyediaan wilayah RAM akan dimainkan selama beberapa siklus pengembangan berikutnya. Selain itu, spesifikasi CXL 3.0 yang baru dirilis menambahkan lebih banyak kerumitan seperti “perangkat berkapasitas dinamis” (pikirkan “penyediaan tipis untuk memori”) yang dibangun di atas objek `struct cxl_region`.
Ada infrastruktur driver inti baru yang perlu diperhatikan dalam tarikan ini. Pertama, alloc_free_mem_region() diperkenalkan sebagai peningkatan langsung dari request_free_mem_region() sebagai pengalokasi umum ruang alamat memori fisik. Ingatlah bahwa CXL menyediakan platform “jendela” di mana wilayah CXL dapat secara dinamis disediakan, dan aliran penyediaan membutuhkan pengalokasi. Terkait dengan itu adalah ekspor baru insert_resource_expand_to_fit(), tetapi hanya ke ruang nama simbol `CXL`. Itu memungkinkan subsistem CXL mengiklankan rentang platform untuk dikecualikan dari permintaan request_free_mem_region(). Terakhir, ada layanan driver inti PCI baru untuk kotak surat DOE (Data Object Exchange). Ini adalah kotak surat yang dibangun di atas siklus konfigurasi* yang memiliki banyak kasus penggunaan, salah satunya adalah mengambil CDAT (Tabel Atribut Perangkat Koheren) dari titik akhir CXL.
Ini telah muncul di linux-next dan telah menarik beberapa perbaikan dan pembersihan. Ada debug in-flight untuk laporan masalah terbaru dalam mengonfigurasi region 4-arah di bawah satu host-bridge, tetapi komit ini dinyatakan lulus pengujian pada beberapa platform emulasi termasuk tetapi tidak terbatas pada QEMU dan infrastruktur cxl_test dalam kernel. Tidak ada masalah atau konflik lain yang diketahui. Pekerjaan pengembangan CXL terus berjalan dengan kecepatan penuh di depan server generasi berikutnya yang mulai mendukung standar industri lintas vendor ini. Tetapi seperti yang Anda lihat dari komentar tambalan, dukungan Linux CXL masih sangat banyak dalam proses dan pengujian sebagian besar terjadi berkat emulasi QEMU.
Lihat permintaan tarik ini untuk daftar lengkap patch CXL siklus kernel ini.

Itulah berita seputar Linux 6.0 Melanjutkan Plumbing Untuk Compute Express Link (CXL), semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.