Linux 6.0 Memiliki Beberapa Perubahan Penjadwal Besar, Termasuk Peningkatan Penyeimbangan NUMA Untuk AMD Zen

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ingo Molnar hari ini mengirimkan set utama pembaruan penjadwal kernel untuk Linux 6.0 yang sedang dikembangkan (nee 5.20). Pembaruan penjadwal berisi beberapa perubahan penting yang akan menarik untuk dijadikan patokan di hari-hari mendatang.
Pertama, ada peningkatan keseimbangan NUMA pada sistem AMD Zen untuk beban kerja tertentu. Itu bermuara pada pengoptimalan kinerja yang dilaporkan sebelumnya di sched/fair untuk mempertimbangkan afinitas CPU saat mengizinkan ketidakseimbangan NUMA dalam fungsi “find_idlest_group”. Tambalan ini menghasilkan percepatan yang sangat bagus dalam kasus-kasus tertentu seperti yang diuraikan dalam artikel sebelumnya:

Perubahan penjadwal penting lainnya untuk Linux 6.0 adalah perubahan yang dipimpin Intel untuk pencarian idle CPU yang lebih efisien di bawah beban sistem yang berat seperti yang dibicarakan sebelumnya di Phoronix.
Sejumlah perbaikan terkait AMD yang bagus dan persiapan dukungan baru akan hadir dengan Linux 6.0.

Perubahan penjadwal Linux 6.0 juga mencakup peningkatan penanganan CPU berkapasitas rendah dalam penyeimbangan beban, peningkatan Model Energi (EM), peningkatan perilaku ketidakseimbangan NUMA pada sistem tertentu dengan kapasitas cadangan, meningkatkan penjadwalan inti, meningkatkan keseimbangan pengaktifan dengan memungkinkan pengaktifan CPU idle yang sama dengan LLC untuk tugas yang baru dibangunkan, dan berbagai pengoptimalan dan perbaikan kecil lainnya. Ada juga beberapa perbaikan terkait PREEMPT_RT dengan patch kernel real-time yang diharapkan akan segera digabungkan.
Lihat permintaan tarik ini untuk daftar panjang pembaruan penjadwal untuk Linux 6.0… Setelah jendela penggabungan Linux 6.0 tenang, saya akan berkeliling dengan beberapa tolok ukur perbandingan untuk melihat peningkatan kinerja (dan semoga tidak ada regresi kinerja …) dengan kernel baru ini pada beberapa server AMD EPYC dan Intel Xeon yang besar.

Itulah berita seputar Linux 6.0 Memiliki Beberapa Perubahan Penjadwal Besar, Termasuk Peningkatan Penyeimbangan NUMA Untuk AMD Zen, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.