Linux 6.0 Memperbaiki Keyboard Rusak Pada Laptop Ryzen 6000, Penambahan Manajemen Daya

  • Post author:
  • Post category:Linux

Perubahan ACPI dan manajemen daya untuk Linux 6.0 dalam pengembangan mendarat minggu ini dengan persiapan lanjutan untuk perangkat keras Intel dan AMD yang akan datang serta meningkatkan dukungan perangkat keras yang ada.
Langsung ke sana, perubahan manajemen daya untuk Linux 6.0 meliputi:
– Antarmuka kontrol peningkatan driver ACPI CPUFreq sekarang berfungsi untuk prosesor Zhaoxin dan Centaur jika ingin mengubah perilaku peningkatan frekuensi CPU saat run-time.
– Memperbaiki penanganan C1 dan C1E pada Xeon Sapphire Rapids berkat firmware yang diperbarui tidak lagi membuat status-C ini saling eksklusif.
– Intel Raptor Lake P sekarang didukung oleh driver RAPL (Run-Time Average Power Limiting).
– Intel Alder Lake N dan Raptor Lake P telah ditambahkan ke daftar prosesor driver RAPL yang didukung PowerLimit4.
Itu mencakup perubahan manajemen daya yang menarik untuk Linux 6.0.
Sementara itu di sisi ACPI ada beberapa perubahan yang perlu disebutkan:
– Menambahkan ID AMDI008 ke driver ACPI suspend-to-idle untuk mempersiapkan perangkat keras AMD yang akan datang.
– Driver lampu latar ACPI tidak lagi terbatas secara artifisial pada platform x86.
– Perbaikan untuk menghindari penggantian IRQ pada sistem AMD Zen. Penggantian pada kernel yang ada merusak IRQ rendah aktif pada sistem AMD Ryzen 6000 dan yang lebih baru. Perbaikan tambalan itu menjelaskan, “Penggantian IRQ ini merusak keyboard untuk hampir semua laptop Ryzen 6000 yang saat ini ada di pasaran. Lewati penggantian IRQ ini untuk semua platform AMD Zen karena penggantian IRQ ini seharusnya menjadi solusi untuk ACPI DSDT yang bermasalah dan kami dapat` t memiliki daftar panjang semua CPU/Laptop AMD masa depan dalam kode kernel. Jika perangkat dengan buggy ACPI DSDT muncul, daftar terpisah yang hanya berisi mereka harus dibuat.”
Daftar lengkap patch ACPI untuk Linux 6.0 dapat ditemukan melalui pull request ini.
Meskipun bukan bagian dari penarikan PM/ACPI, secara terpisah adalah penarikan x86/fpu minggu ini dengan perubahan impor lain untuk Sapphire Rapids untuk meningkatkan penanganan tidur berdaya rendah. Melalui tarikan x86/fpu adalah perbaikan untuk Sapphire Rapids untuk memastikan CPU yang mendukung AMX dapat mencapai status siaga daya terendahnya. Jika status register AMX dibiarkan tidak diinisialisasi, ini dapat menyebabkan penurunan status C dari C6 ke C1E. Dengan Linux 6.0, kernel sekarang akan memastikan status AMX diinisialisasi dengan benar untuk membantu memastikan CPU server yang akan datang ini dapat mencapai status tidur daya terendah sambil memastikan inti aktif memiliki anggaran sebanyak mungkin untuk mode turbo.

Itulah berita seputar Linux 6.0 Memperbaiki Keyboard Rusak Pada Laptop Ryzen 6000, Penambahan Manajemen Daya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.