Linux 6.0 Mendukung Perangkat Keras Intel/AMD Baru, Peningkatan Kinerja & Banyak Lagi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Yesterday menandai rilis Linux 6.0-rc1 dan dengan demikian jendela penggabungan belum berakhir dan tidak ada lagi pekerjaan fitur yang diatur untuk mendarat di versi kernel ini. Berikut adalah tulisan saya tentang semua fitur baru yang menarik dan perubahan/perbaikan yang akan datang untuk Linux 6.0.

Kernel ini awalnya akan menjadi Linux 5.20 sampai Linus Torvalds memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Linux 6.0. Biasanya setelah rilis poin x.19 atau x.20, Linus Torvalds memutuskan untuk menambahkan nomor versi mayor – kali ini setelah rilis minor ke-19. Linux 6.0 terlihat sangat bagus di departemen kinerja dengan Intel Xeon Ice Lake, AMD Ryzen Threadripper, dan AMD EPYC terlihat sangat bagus dengan peningkatan yang bagus dalam beban kerja dunia nyata… Itu hanya dari apa yang telah saya uji sejauh ini sebelum- RC1. Nantikan benchmark Intel/AMD lainnya di Linux 6.0 di depan.

Selain kinerja yang lebih baik, Linux 6.0 mendukung perangkat keras baru terutama di sisi Intel/AMD. Intel memiliki lebih banyak pekerjaan untuk Sapphire Rapids, Raptor Lake, dan Meteor Lake. AMD melanjutkan persiapan Zen 4 dan di sisi grafis menyiapkan driver grafis kernel mereka untuk RDNA3. Ada juga dukungan hardware baru lainnya seperti dukungan Qualcomm Snapdragon 8cx Gen3, dukungan akselerator Intel Habana Labs Gaudi2 AI, memperbaiki masalah keyboard yang rusak pada laptop seri Ryzen 6000, driver audio baru untuk platform AMD Raphael, dukungan audio AMD Jadeite, virtualisasi Intel IPI, AMD x2AVIC, Intel SGX2, verifikasi run-time untuk sistem kritis keselamatan, peningkatan IO_uring, cakupan sensor yang lebih banyak pada motherboard AMD, dan banyak lagi.

Rilis kernel stabil Linux 6.0 akan keluar sekitar akhir September / awal Oktober.

Meskipun ada banyak perubahan besar dengan Linux 6.0, tidak menjadikannya pekerjaan “PREEMPT_RT” real-time masih bekerja menuju garis akhir, infrastruktur bahasa pemrograman Rust tidak mendarat, MGLRU tidak datang sampai Linux 6.1, OpenChrome VIA Driver DRM/KMS tidak diambil, dan lebih banyak lagi pekerjaan Intel DG2/Alchemist yang belum stabil.

Processors:

– Dukungan Qualcomm Snapdragon 8cx Gen3 serta dukungan yang sangat awal untuk Lenovo ThinkPad X13s Arm laptop.

– Peningkatan kode KPTI mitigasi Meltdown untuk ARM64.

– Dukungan 64-bit Arm THP SWAP.

– Beberapa perubahan penjadwal besar termasuk penyeimbangan NUMA yang ditingkatkan untuk AMD Zen. Peningkatan kinerja dengan Linux 6.0 pada umumnya terlihat sangat bagus dari pengujian saya sejauh ini pada sistem besar.

– Jalur mitigasi AMD Retbleed IBPB membutuhkan STIBP juga dan perbaikan keamanan itu adalah bagian dari Linux 6.0-rc1 sementara juga akan di-porting kembali ke seri kernel stabil yang ada.

– Ekstensi RISC-V baru dihubungkan ke kernel arus utama seperti Zicbom, Zihintpause, dan Sstc. RISC-V juga memiliki konfigurasi kernel default yang lebih berguna untuk dapat menjalankan Docker dan Snaps pada defconfig builds.

– LoongArch memungkinkan dukungan PCI dan peningkatan lain pada arsitektur CPU Loongson ini bekerja di luar China.

– Dukungan Raptor Lake dalam driver pendingin Intel TCC.

– EFI mirrored memory dan ACPI PRM untuk 64-bit Arm.

– AMD Automatic Mode Transition (AMT) untuk laptop Lenovo ThinkPad.

– PowerVM Platform KeyStore dan pembaruan CPU IBM POWER lainnya.

– Memperbaiki Penanganan C1 dan C1E untuk Xeon Sapphire Rapids.

– Dukungan Intel Raptor Lake P dalam driver RAPL.

– Persiapan penangguhan-ke-idle AMD untuk perangkat keras AMD mendatang.

– Dukungan driver audio untuk platform AMD Raphael dan Jadeite.

– Intel Dukungan driver audio Meteor Lake.

– Linux 6.0 telah menghapus dukungan untuk prosesor NEC VR4100 MIPS lama yang ditemukan di IBM WorkPad Z50 dan perangkat keras lainnya dari dukungan 90`s.

– PCI untuk arsitektur OpenRISC cture.

– Dukungan perkakas yang sempurna untuk Pengambilan Sampel Berbasis Instruksi AMD Zen 4 (IBS).

– Virtualisasi Intel IPI dan AMD x2AVIC hadir untuk KVM.

– Dukungan Intel SGX2 akhirnya menjadi andalan.

– Pemantauan suhu AMD untuk CPU AMD mendatang.

– Penggunaan AMD MWAIT daripada HALT sekarang lebih disukai.

Graphics:

– Melanjutkan pekerjaan Intel DG2/Alchemist dan ATS-M. Lebih banyak ID PCI sekarang juga tersedia meskipun pemilik GPU desktop Intel Arc awal masih perlu menggunakan opsi i915.force_probe untuk tetap mengaktifkan dukungan perangkat keras kelas DG2.

– Pekerjaan awal menuju Intel Ponte Vecchio.

– Memulai pekerjaan di Meteor Lake dukungan grafis meskipun lebih banyak tambalan datang untuk Linux 6.1.

– Pengaktifan lebih banyak bekerja untuk grafis AMD RDNA3 dan blok IP baru lainnya.

– P2P DMA untuk driver AMDKFD bersama dengan peningkatan driver kernel AMDGPU dan AMDKFD lainnya.

– Kernel Raspberry Pi V3D dukungan driver untuk Raspberry Pi 4.

– Dukungan Initial Arm Mali Valhall di driver Panfrost.

– Perbaikan pada driver Atari FBDEV.

– Pengguliran konsol lebih cepat pada driver FBDEV lama.

– Berbagai pembaruan driver grafis kernel open-source lainnya .

Itulah berita seputar Linux 6.0 Mendukung Perangkat Keras Intel/AMD Baru, Peningkatan Kinerja & Banyak Lagi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.