Linux 6.1 Harus Sangat Menyenangkan Dengan Rust, AMD PMF, MGLRU & Perubahan Lain yang Diharapkan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Linux 6.0 membawa banyak fitur hebat tetapi melihat ke depan untuk Linux 6.1 ada lebih banyak perubahan yang membuat bersemangat untuk kernel yang akan dirilis stabil sekitar akhir tahun 2022.
Linux 6.0 stable diharapkan akan dirilis sore ini kecuali jika Linus Torvalds memutuskan untuk menunda rilis satu minggu lagi. Setelah rilis, jendela penggabungan Linux 6.1 akan terbuka.
Berdasarkan pelacakan milis saya dan banyak repositori Git “-berikutnya”, di bawah ini adalah melihat banyak fitur yang mungkin diharapkan untuk Linux 6.1. Masih ada kemungkinan untuk beberapa item yang mungkin memiliki reservasi Torvalds atau masalah menit terakhir lainnya yang merayap, tetapi di bawah ini adalah tampilan materi yang saat ini antri di cabang “-berikutnya” yang dimaksudkan untuk dikirimkan untuk Linux 6.1. Di antara banyak perubahan yang diharapkan dengan Linux 6.1 termasuk item seperti:
– Infrastruktur bahasa pemrograman Rust awal dengan pull request awal telah dikirim akhir pekan ini.
– MGLRU diharapkan dapat digabungkan sebagai kemenangan besar untuk kinerja terutama pada sistem di bawah tekanan memori.
– Kemampuan untuk menonaktifkan Spectre-BHB saat run-time pada sistem Arm karena “dampak besar” yang dimiliki mitigasi keamanan ini khususnya pada server Arm.
– Memperkenalkan driver AMD Platform Management Framework (PMF) yang mirip dengan DPTF Intel. Untuk Linux 6.1 juga merupakan integrasi AMD PMF Cool and Quiet Framework.
– Linux akan mempermudah untuk menemukan CPU yang berpotensi rusak dengan mencetak soket/inti CPU pada saat kesalahan segmentasi terjadi untuk melihat apakah kesalahan seg biasanya terjadi pada CPU/inti yang sama.
– Dukungan AMD Zen 4 LbrExtV2 di perf.
– Pelacakan kedalaman panggilan untuk mitigasi Retbleed yang lebih murah diharapkan akan digabungkan.
– Geng AMDGPU menyampaikan penanganan yang dibutuhkan oleh RADV untuk dukungan Vulkan mesh shader.
– Lebih banyak pekerjaan terkait grafis AMD RDNA3.
– Lebih banyak persiapan untuk grafis Intel Meteor Lake meskipun lebih banyak patch grafis terintegrasi Intel MTL masih tertunda.
– Dukungan Intel Meteor Lake Thunderbolt.
– Peningkatan penanganan firmware GPU Intel.
– Menghapus warisan driver Radeon DRM dan kode DP MST yang rusak.
– Deteksi otomatis dukungan resolusi tinggi Logitech HID++ daripada sekarang mengandalkan tabel quirks / dukungan daftar putih per perangkat untuk pengguliran resolusi tinggi HID++. Pengemudi juga akan mencoba mengaktifkan penggunaan HID++ untuk semua perangkat Logitech.
– Banyak perubahan driver HID.
– Driver Keyboard PinePhone sedang ditambahkan untuk casing keyboard PINE64.
– Implementasi Control-Flow Integrity baru yang menggunakan Clang KCFI daripada implementasi Clang Clang sebelumnya.
– Penggantian atom untuk F2FS dapat diajukan.
– Btrfs async buffered menulis dukungan untuk peningkatan throughput yang signifikan.

– Mobil balap baru dan driver HID pengontrol penerbangan.
– Dukungan boot terkompresi EFI generik.
– Pembaruan driver Intel Habana Labs AI.
– Aquacomputer High Flow Dukungan selanjutnya untuk pompa pendingin air Jerman itu.
– Dukungan pengontrol yang diperluas di driver XPad bersama dengan mendapatkan dayung yang berfungsi di pengontrol Xbox One Elite.
– Konfigurasi default kernel Linux x86/x86_64 sekarang akan memperingatkan saat boot pemetaan W+X.
– Dukungan untuk kontrol aliran ujung-ke-ujung USB4 dengan dukungan jaringan Thunderbolt.
– Menghapus driver ASUS EC Sensors yang berumur pendek.
– Lebih banyak peningkatan laptop ASUS ROG untuk Linux.
Nantikan liputan saya tentang tarikan selama jendela penggabungan Linux 6.1 diikuti dengan memulai dengan pembandingan kernel Linux 6.1 saya di Phoronix.

Itulah berita seputar Linux 6.1 Harus Sangat Menyenangkan Dengan Rust, AMD PMF, MGLRU & Perubahan Lain yang Diharapkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.