Linux 6.1 Menambahkan Dukungan Ke statx() Untuk Melaporkan Detail Penyelarasan I/O Langsung

  • Post author:
  • Post category:Linux

Diutamakan pada tahun 2017 adalah panggilan statx() untuk melaporkan informasi file yang disempurnakan dan statistik seperti akhirnya melaporkan waktu pembuatan file, nomor versi data, dan atribut lainnya. Statx terus berkembang sejak diperkenalkan di Linux 4.11 dan sekarang untuk Linux 6.1 diharapkan dapat mendukung pelaporan informasi penyelarasan I/O langsung.
Selama berbulan-bulan telah ada pekerjaan untuk memperluas statx untuk melaporkan informasi penyelarasan I/O sebagai cara bagi ruang pengguna untuk mengetahui detail ini dengan cara yang jauh lebih mudah. Dengan Linux 6.1, bit atribut penyelarasan I/O (DIO) langsung tersebut siap untuk arus utama.
Insinyur Google Eric Biggers mengirimkan permintaan tarik ini ke Linus Torvalds dengan tambahan STATX_DIOALIGN. Biggers merangkumnya dengan elegan sebagai:
Jadikan statx() mendukung pelaporan informasi penyelarasan I/O (DIO) langsung. Ini menyediakan antarmuka umum untuk program ruang pengguna untuk menentukan apakah file mendukung DIO, dan jika demikian dengan batasan penyelarasan apa. Secara khusus, STATX_DIOALIGN bekerja pada perangkat blok, dan pada file biasa ketika sistem file yang memuatnya telah menerapkan dukungan.
Antarmuka seperti ini telah diminta selama bertahun-tahun, karena kondisi saat DIO didukung di Linux menjadi semakin kompleks dari waktu ke waktu. Saat ini, dukungan DIO dan persyaratan penyelarasan dapat dipengaruhi oleh berbagai fitur sistem file seperti dukungan multi-perangkat, penjurnalan data, data sebaris, enkripsi, verity, kompresi, penonaktifan pos pemeriksaan, mode terstruktur log, dll. Hal-hal rumit lainnya, Linux v6. 0 melonggarkan aturan tradisional DIO yang perlu diselaraskan dengan ukuran blok logis perangkat blok; sekarang buffer pengguna (tetapi bukan offset file) hanya perlu disejajarkan dengan penyelarasan DMA.
Pendekatan untuk meningkatkan ioctl spesifik XFS XFS_IOC_DIOINFO dibuang demi menciptakan antarmuka baru yang bersih dengan statx(). Jadi, tambahan penting lainnya dalam perjalanan untuk Linux 6.1.

Itulah berita seputar Linux 6.1 Menambahkan Dukungan Ke statx() Untuk Melaporkan Detail Penyelarasan I/O Langsung, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.