Linux 6.2 Kemungkinan Untuk Menikmati Penghematan Daya Terukur Saat Idle Atau Sedikit Dimuat

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pekerjaan yang dilakukan oleh para insinyur Google dan orang lain di sekitar mekanisme sinkronisasi read-copy update (RCU) kernel Linux untuk membuatnya “malas” membantu dengan penghematan daya 5~10% untuk sistem idle atau beban ringan. Pekerjaan “Lazy RCU” ini kemungkinan akan digabungkan untuk jendela penggabungan kernel Linux 6.2 pada bulan Desember. Insinyur Google telah mengerjakan implementasi “rCU malas” ini mengingat mekanisme RCU dapat menjadi konsumen utama daya pada sistem bertenaga baterai. Lazy RCU adalah tentang mengelompokkan panggilan balik RCU dan kemudian membilasnya setelah penundaan waktu atau menekan tekanan memori. Kembali pada bulan September di Linux Plumbers Conference di Dublin ada presentasi oleh insinyur Google Joel Fernandes, Rushikesh Kadam dari Intel, dan Uladzislau Rezki dari Sony tentang pekerjaan pengoptimalan RCU Linux ini:

Ada juga slide deck (PDF) dari presentasi itu. Singkat cerita untuk pengguna akhir Linux adalah pekerjaan RCU Lazy dapat memberikan penghematan daya 5~10% untuk sistem idle atau beban ringan dengan fungsi lazy/batching ini. Dari seri tambalan RCU Lazy menyimpulkannya: Terapkan pengelompokan panggilan balik RCU berbasis timer (juga dikenal sebagai panggilan balik malas). Dengan ini, kami menghemat sekitar 5-10% daya yang dikonsumsi karena permintaan RCU yang terjadi saat sistem dimuat dengan ringan atau idle. Secara default, semua panggilan balik asinkron (antri melalui call_rcu) ditandai malas. API call_rcu_flush() alternatif disediakan untuk beberapa pengguna, misalnya sinkronisasi_rcu(), yang memerlukan perilaku lama. Batch memerah setiap kali sejumlah waktu telah berlalu, atau batch pada CPU tertentu tumbuh terlalu besar. Juga tekanan memori akan menyiramnya di patch masa depan. Kerja bagus oleh Joel Fernandes dan orang lain yang terlibat. Presentasi RCU malas dari LPC 2022.

Sejak acara LPC, pengelola RCU Paul McKenney minggu lalu mengirimkan patch RCU malas sebagai materi yang ditujukan untuk Linux 6.2. Jadi, kecuali beberapa masalah muncul dalam kode, fungsionalitas RCU Lazy kemungkinan akan digabungkan untuk Linux 6.2 dengan jendela/siklus gabungannya mulai Desember dan kemudian mencapai stabil pada awal 2023. Terutama dengan kenaikan harga energi hari ini, itu akan menjadi menarik untuk melihat bagaimana pekerjaan pengoptimalan idle dan dimuat ringan ini membantu Linux di berbagai perangkat. Saya akan mengerjakan benchmark ketika siklus Linux 6.2 mendekat.

Itulah berita seputar Linux 6.2 Kemungkinan Untuk Menikmati Penghematan Daya Terukur Saat Idle Atau Sedikit Dimuat, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.