Linux Menambahkan Quirk Untuk Meningkatkan Manajemen Daya Untuk GPU Intel Arc “Alchemist”

Selain Linux 5.19 menjadi kernel yang diatur untuk memiliki dukungan grafis DG2/Alchemist dalam bentuk yang lebih baik dengan ID sekarang (akhirnya) ditambahkan dan dukungan komputasi sudah siap, kernel berikutnya ini harus membanggakan penanganan manajemen daya yang ditingkatkan untuk Grafik Arc “Alkemis” ini GPU.
GPU diskrit DG2/Alchemist Intel mengiklankan latensi keluar L1 yang dapat diterima menjadi kurang dari satu mikrodetik meskipun mereka dapat mentolerir latensi keluar di luar ambang batas itu. Jadi datang melalui subsistem Linux PCI (PCIe) untuk Linux 5.19 adalah kekhasan yang memperlakukan batch awal GPU DG2/Alchemist sebagai “tidak terbatas” sehingga penghematan daya PCI Express Active State Power Management (ASPM) L1 dapat diaktifkan dalam lebih banyak konfigurasi — di luar tempat yang dapat menawarkan kurang dari 1us keluar saat melanjutkan aktivitas PCIe.
Active State Power Management (PCIe ASPM) sangat berguna untuk penghematan daya selama idle seperti yang telah kami tunjukkan dengan berbagai komponen selama bertahun-tahun dan mungkin akan menghasilkan penghematan besar juga untuk kartu grafis diskrit Intel yang sekarang diharapkan untuk diluncurkan pada Q3. ASPM meskipun telah menjadi sakit kepala berulang dengan berbagai kebiasaan dan masalah lain dengan motherboard/chipset dan perangkat keras PCIe yang berbeda dari waktu ke waktu. ASPM L1 memungkinkan menempatkan tautan PCIe ke mode daya rendah selama periode tidak aktif dan kemudian memulai kembali dengan cepat saat diperlukan. ASPM L1 menawarkan penghematan daya yang lebih besar daripada mode ASPM L0s yang lebih dangkal dengan memungkinkan tautan PCIe dimatikan sepenuhnya saat tidak digunakan.

Setidaknya di depan kartu grafis desktop Intel yang muncul sekarang adalah kekhasan ini di PCI-berikutnya dengan pembukaan jendela penggabungan Linux 5.19 akhir bulan ini. Sejauh ini semua indikasi tampaknya Linux 5.19 kemungkinan menjadi taruhan minimum yang aman untuk versi kernel yang diperlukan untuk kartu grafis diskrit Intel Arc Graphics dan Mesa 22.0+. Tetapi seperti kebanyakan perangkat keras baru dan terutama GPU, rilis Linux/Mesa terbaru saat itu akan direkomendasikan kapan pun kartu grafis ini mulai dikirimkan.

Itulah berita seputar Linux Menambahkan Quirk Untuk Meningkatkan Manajemen Daya Untuk GPU Intel Arc “Alchemist”, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.