Linux Mint 21.1 “Vera” Akan Tiba di Hari Natal dengan Peningkatan Driver Manager, ISO Verifier Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pemimpin proyek
Linux Mint Clement Lefebvre hari ini mengungkapkan nama kode dan beberapa perubahan yang diharapkan dalam rilis Linux Mint berikutnya, 21.1, yang direncanakan untuk Natal.

Linux Mint 21.1 telah diberi nama kode “Vera” dan ini adalah rilis titik pertama untuk Linux Mint 21 “Vanessa”, yang berarti akan didasarkan pada Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) dan didukung oleh kernel Linux 5.15 LTS, dan komponen internal yang sama dengan upstream.

Sementara internal tidak banyak berubah, Linux Mint 21.1 “Vera ” akan datang dengan peningkatan pada Pengelola Driver dan alat bawaan Sumber Perangkat Lunak. Sumber Perangkat Lunak telah diperbarui untuk membuatnya lebih mudah untuk menangani kunci PPA.

Di sisi lain, Manajer Driver menerima lebih banyak perubahan, seperti kemampuan untuk berjalan dalam mode pengguna sehingga tidak akan meminta kata sandi Anda saat diluncurkan, dukungan yang tepat untuk Debconf, yang merupakan kabar baik bagi pengguna NVIDIA saat SecureBoot diaktifkan, serta kemampuan untuk membersihkan konfigurasi dari driver yang dihapus.

Selain itu, Driver Manager akan memiliki antarmuka pengguna yang ditingkatkan dengan dukungan offline yang didesain ulang, layar baru saat stik USB langsung terdeteksi, dan penginstalan driver nirkabel Broadcom yang lebih mudah.

Juga datang ke Linux Mint 21.1 “Vera” adalah alat verifikasi ISO baru, yang diimplementasikan di menu konteks klik kanan, untuk mempermudah verifikasi integritas dan keaslian gambar ISO. Utilitas Penulis Gambar ISO telah diperbarui juga untuk menyertakan tombol “Verifikasi” untuk meluncurkan alat verifikasi ISO baru.
“Penting untuk memverifikasi integritas dan keaslian gambar ISO Anda sebelum menulisnya ke tongkat. Ini juga cukup membosankan dan membingungkan. Jadi kami membuatnya lebih mudah, ”kata Clement Lefebvre dalam buletin terbaru. “Jika ISO Anda dari Linux Mint atau Ubuntu, URL ke file SHA256sum dan GPG akan terisi secara otomatis. Cukup klik tombol verifikasi.”
Terakhir, Linux Mint 21.1 tidak akan menampilkan Home, Computer, Trash, dan ikon Jaringan di desktop. Clement Lefebvre menjelaskan keputusan di balik langkah ini karena fakta bahwa ikon Komputer, Sampah, dan Jaringan tidak sering digunakan dan dapat diakses dari pengelola file, dan ikon Beranda sudah tersedia sebagai peluncur di panel dan item favorit di menu aplikasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tim Linux Mint berencana untuk merilis Linux Mint 21.1 “Vera” menjelang liburan Natal. Tentu saja, ini berarti bahwa versi beta akan tiba pada awal Desember atau akhir November untuk pengujian publik.

Sumber: Google, 9to5linux.com