Linux Terus Bermain Mengejar Windows Untuk Dukungan Pemantauan Perangkat Keras Desktop

Dalam versi kernel baru-baru ini telah ada peningkatan dalam aktivitas driver baru seputar peningkatan dukungan pemantauan sensor perangkat keras untuk motherboard desktop AMD/Intel, tetapi masih secara umum di belakang dukungan yang ditemukan di bawah Microsoft Windows. Dengan Linux 5.19 ada lebih banyak pekerjaan pemantauan perangkat keras subsistem “HWMON” dengan meningkatkan cakupan sensor pada berbagai motherboard dan komponen lainnya.
Pengelola subsistem HWMON, Guenter Roeck, mengirimkan semua pembaruan pemantauan perangkat keras untuk Linux 5.19, yang telah ditarik ke dalam kernel.
Dengan driver ASUS EC Sensors baru yang ditambahkan di v5.18, untuk Linux 5.19 driver tersebut kini menambahkan dukungan untuk motherboard WIFI II, PRIME X470-PRO, dan ProArt X570 Creator WIFI ROG STRIX X570-E GAMING. Juga diaktifkan pada driver asus-ec-sensors yang menangani sensor suhu eksternal pada motherboard ASUS WS X570-ACE.
Ada banyak dukungan sensor motherboard ASUS terbaru yang bekerja di Linux, tetapi bukan dari ASUS sendiri — melainkan komunitas sumber terbuka.

Sementara driver nct6775 untuk IC sensor itu telah menambahkan dukungan untuk ASUS PRO H410T, ASUS PRIME H410M- R, dan motherboard ASUS ROG X570-E GAMING WIFI II.
Selain fungsi sensor motherboard desktop, driver Aquacomputer yang ada sejak Linux 5.15 tahun lalu telah memperluas dukungan produknya. Pengontrol kipas Aquacomputer Octo dan pengontrol Aquacomputer Farbwerk sekarang kompatibel dengan driver ini.
Beberapa perubahan pemantauan perangkat keras lainnya untuk Linux 5.19 termasuk driver baru untuk Microchip LAN966x SoC, Atmel AT30TS74 di driver lm75, dukungan MAX16602 di driver max16601, dan berbagai peningkatan kode tingkat rendah.
Daftar lengkap pembaruan HWMON untuk Linux 5.19 dapat ditemukan melalui tarikan tambahan sejak penggabungan ini.
Sementara di luar HWMON sebenarnya, melalui tarikan driver platform x86 juga ditambahkan driver Gigabyte WMI untuk menambahkan dukungan di Linux 5.19 untuk sensor WMI pada motherboard Gigabyte Z490 AORUS ELITE AC, X570 AORUS ELITE WIFI, dan B660 GAMING X DDR4.

Itulah berita seputar Linux Terus Bermain Mengejar Windows Untuk Dukungan Pemantauan Perangkat Keras Desktop, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.