LLVM 15.0 Perencanaan Untuk Rilis Awal September – Penting Untuk Dukungan Grafis RDNA3

  • Post author:
  • Post category:Linux

Manajer rilis LLVM Tom Stellard dari Red Hat telah menyusun jadwal rilis LLVM/Dentang 15.0 yang direncanakan untuk versi utama berikutnya dari tumpukan kompiler open-source ini.
LLVM 15.0 sangat penting karena berisi dukungan target awal AMD GFX11/RDNA3 dengan back-end AMDGPU. Dukungan GFX11 ini penting karena dibutuhkan oleh driver RadeonSI Gallium3D Mesa untuk dukungan kompilasi shader dan secara opsional juga digunakan oleh driver RADV Vulkan — tetapi preferensi yang kuat saat ini adalah dengan back-end kompiler ACO untuk RADV, yang masih belum `t pilihan untuk RadeonSI arus utama. LLVM 15.0 memiliki semua kode GFX11 awal untuk perangkat keras grafis AMD generasi berikutnya yang diluncurkan akhir tahun ini.
Waktu rilis LLVM 15.0 menjadi lebih penting dengan rilis ini memiliki pekerjaan pengaktifan AMD GFX11 yang diperlukan untuk tumpukan driver grafis Radeon open-source.

Rilis LLVM kedua tahun ini biasanya terjadi selama bulan September, jadi jadwal rilis LLVM 15.0 tidak sangat mengejutkan. Tapi ada baiknya tanggal pensil adalah 6 September untuk rilis LLVM 15.0. Datang lebih awal di bulan daripada nanti (dengan asumsi tujuan rilis terpenuhi), akan membantu memastikan LLVM 15.0 diambil tepat waktu untuk rilis distribusi Linux musim gugur seperti Ubuntu 22.10. Distribusi seperti Fedora 37 sudah merencanakan LLVM 15.0.
Jadwal rilis 15.0 yang diusulkan memiliki percabangan dan kandidat rilis pertama pada akhir Juli, kandidat rilis kedua menjelang akhir Agustus, dan rilis final pada/sekitar 6 September.
Selain semua pekerjaan pengaktifan GFX11 (RDNA3), LLVM 15.0 juga memiliki dukungan -march=native untuk Apple M1, dukungan Clang “RandStruct” untuk mengacak tata letak struktur, instruksi akar kuadrat yang lebih cepat untuk AMD Zen, dukungan CPU AmpereOne, awal Kode back-end SPIR-V, upstreaming Sony PlayStation 5, kode DirectX/HLSL awal, dan dukungan LoongArch mulai muncul bersama dengan banyak peningkatan kompiler dan fitur baru lainnya.

Itulah berita seputar LLVM 15.0 Perencanaan Untuk Rilis Awal September – Penting Untuk Dukungan Grafis RDNA3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.