Manjaro Linux 21.2 “Qonos” Dirilis dengan Kernel Linux 5.15 LTS, GNOME 41, dan Lainnya


Tim Manjaro Linux hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Manjaro Linux 21.2 sebagai pembaruan besar kedua untuk seri Manjaro Linux 21 dari distribusi rilis bergulir berbasis Arch Linux yang populer ini.

Dijuluki “Qonos” dan didukung oleh dukungan jangka panjang terbaru Seri kernel Linux 5.15 LTS, Manjaro Linux 21.2 hadir empat bulan setelah Manjaro Linux 21.1 “Pahvo” untuk memberi Anda image ISO terkini dan dapat diinstal dengan semua teknologi GNU/Linux terbaru dan terhebat serta perangkat lunak Sumber Terbuka.

Manjaro Linux 21.2 “Qonos” dikirimkan dengan edisi biasa yang menampilkan lingkungan desktop Xfce, GNOME, dan KDE Plasma, yang telah diperbarui ke Xfce 4.16 (versi yang sama seperti pada rilis sebelumnya karena Xfce 4.18 belum dirilis), GNOME 41.2, dan KDE Plasma 5.23.4.

Meskipun edisi Xfce unggulan tidak menerima perubahan besar apa pun, tata letak edisi GNOME telah disesuaikan agar terlihat mirip dengan versi vanilla dan meningkatkan dukungan mouse dengan reduci perjalanan penunjuk ng. Jika Anda tidak menyukai tata letak GNOME 40 modern, Anda selalu dapat beralih ke tata letak desktop GNOME 3.x dengan menggunakan tata letak warisan Manjaro. Juga, Firefox sekarang dikirimkan dengan tema gaya gnome-desktop yang diaktifkan secara default.

Di sisi lain, edisi KDE Plasma dikirimkan dengan rangkaian perangkat lunak KDE Frameworks 5.88 dan KDE Gear 21.12 terbaru, tema default yang lebih halus, dan dukungan Wayland yang lebih baik.
Manjaro 21.2 XfceManjaro 21.2 GNOMEManjaro 21.2 KDE Plasma
Manjaro Linux 21.2 juga dilengkapi dengan penginstal grafis (Calamares) yang ditingkatkan yang sekarang menampilkan pemilihan sistem file untuk partisi otomatis dan dukungan yang ditingkatkan untuk instalasi Btrfs dengan tata letak subvolume yang jauh lebih baik untuk rollback yang lebih mudah dan dukungan untuk file swap.

Anda dapat mengunduh Manjaro Linux 21.2 “Qonos” sekarang juga dari situs resminya atau dengan mengeklik tautan unduhan langsung di bawah ini. Pengguna Manjaro yang ada hanya perlu memperbarui instalasi mereka dengan menjalankan perintah sudo pacman -Syu di terminal emulator.
Download Manjaro 21.2 XfceDownload Manjaro 21.2 GNOMEDownload Manjaro 21.2 KDE Plasma

Sumber: Google, 9to5linux.com