Media Linux 6.1 Mendapat Driver Baru, Dua Driver yang Ada Dipromosikan Keluar Dari Staging

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pembaruan subsistem media untuk kernel Linux 6.1 telah hadir dengan driver baru dan promosi untuk beberapa driver gambar/video yang ada.
Driver baru siklus ini adalah driver Mediatek MDP3 “Media Data Path ver.3”. Revisi Mediatek MDP v3 ditemukan di SoC yang lebih baru seperti MT8183. Driver MDP3 terutama digunakan oleh produk Google Chromebook untuk penskalaan video dan konversi ruang warna.
Driver media baru lainnya untuk Linux 6.1 adalah dewarper NXP i.MX DW100. Ini adalah IP Vivante yang ditemukan dalam SoC i.MX8MP sebagai mesin memori-ke-memori untuk melakukan transformasi geometris pada gambar sumber menggunakan peta dewarping yang dapat diprogram.
Sopir media Zoran telah dipromosikan keluar dari area pementasan. Zoran berada di jalur utama sebelumnya sebelum diturunkan. Inkarnasi terbaru dari pengemudi ini memang menjatuhkan dukungan output video tetapi pengambilan video berfungsi. Driver ini untuk kartu pengambilan MJPEG berdasarkan chipset pengontrol PCI Zoran 36057/36067 dengan beberapa produk yang didukung seperti Pinnacle DC10+, Iomedia Buz, Linux Media Labs LML33, dan lainnya.
Driver media Hantro juga telah dipromosikan keluar dari pementasan. Hantro telah digunakan dalam produksi selama bertahun-tahun tetapi tetap dipentaskan sampai kontrol kode video tanpa kewarganegaraan diselesaikan. Driver unit pemrosesan video Hantro adalah untuk IP Hantro yang ditemukan dalam Rockchip dan NXP SoCs untuk mempercepat encoding/decoding video dan gambar. Hantro juga digunakan oleh beberapa chipset Allwinner juga tetapi penggunaan driver Linux yang paling menonjol adalah dengan NXP i.MX8 dan Rockchip SoCs.
Rincian lebih lanjut tentang perubahan subsistem media Linux 6.1 melalui permintaan tarik ini mulai Rabu.

Itulah berita seputar Media Linux 6.1 Mendapat Driver Baru, Dua Driver yang Ada Dipromosikan Keluar Dari Staging, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.