Mesa 22.2 Mendarat Penghapusan Besar Jalur GLSL-Ke-TGSI Lama, Sekarang Selalu Melalui NIR

Ketekunan Emma Anholt tahun lalu telah terbayar dalam membebaskan Mesa dari fungsi “glsl_to_tgsi” dengan sekarang semua driver Mesa menempuh rute dari GLSL ke representasi perantara NIR. Untuk driver Mesa yang kekurangan konsumsi NIR asli, maka ada jalur NIR-ke-TGSI untuk kembali ke IR Gallium3D tradisional.
Penghapusan kode GLSL-ke-TGSI lama ini menghapus banyak kode usang dan membantu memperbaiki bug dan kinerja yang lebih baik dengan sekarang melalui representasi perantara NIR modern alih-alih driver yang lebih kecil dan lebih tua yang masih mengandalkan jalur kode langsung ke TGSI. NIR secara native telah didukung oleh driver modern yang lebih besar dari Intel, AMD Radeon, dan lainnya.
Emma Anholt sebagai bagian dari pekerjaan ini telah memimpin upaya untuk memindahkan driver ke penanganan NIR seperti Nouveau NIR secara default, penggunaan Virgl, dan NIR-to-TGSI lainnya di driver lama lainnya.

Merged hari ini adalah permintaan penggabungan berusia satu tahun untuk mengganti GLSL-ke-TGSI dengan panggilan GLSL-ke-NIR dan NIR-ke-TGSI. Segera ini meringankan basis kode Mesa dengan lebih dari 22k baris kode saat menggunakan jalur kode baru cenderung menjadi perbaikan yang lebih baik, terkadang kinerja yang lebih baik, dan pemeliharaan kode yang lebih baik.
Kudos to Emma Anholt untuk memimpin upaya ini dalam langkah besar ke depan untuk modernisasi Mesa.

Itulah berita seputar Mesa 22.2 Mendarat Penghapusan Besar Jalur GLSL-Ke-TGSI Lama, Sekarang Selalu Melalui NIR, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.