Mesa 22.2 RadeonSI Menambahkan Opsi Untuk Menonaktifkan Penggunaan AMD Infinity Cache, Perubahan Lainnya

Pengembang driver grafis Linux open-source Radeon AMD tetap sangat sibuk mempersiapkan dukungan GPU RDNA3 generasi berikutnya.
Di atas semua seri patch besar baru-baru ini untuk mengantarkan VCN4, GFX11, dan IP baru lainnya dari prosesor grafis RDNA generasi berikutnya, seri yang lebih kecil lainnya telah bekerja dengan cara mereka ke Mesa dan kernel Linux juga.
Salah satu seri yang lebih kecil dengan beberapa item yang layak disebutkan adalah penggabungan ini oleh pengembang RadeonSI terkenal Marek Olsak. Penggabungan itu adalah tentang pengerjaan ulang penanganan tumpukan driver Gallium3D dan menambahkan beberapa kemampuan baru.
Hal ini terkait setidaknya sebagian dengan perangkat keras generasi berikutnya karena salah satu tambalan sekarang mengatur BIG_PAGE untuk cincin atribut dengan GFX11, blok grafis RDNA3. Penggabungan ini juga menghubungkan RadeonSI untuk menggunakan flag “AMDGPU_GEM_CREATE_DISCARDABLE” baru yang ditemukan pada kode driver kernel AMDGPU Linux terbaru. Bendera AMDGPU_GEM_CREATE_DISCARDABLE untuk manajemen memori GEM memungkinkan untuk membuat objek buffer dalam memori video khusus tetapi pengusiran di bawah tekanan memori atau skenario serupa akan menyebabkannya dibuang daripada menyimpan/menyalinnya ke memori sistem yang lebih lambat/penempatan di memori lain.
Untuk pengguna akhir yang tertarik dengan pengujian/evaluasi fitur, satu item yang layak disebutkan adalah penggabungan ini juga menambahkan kemampuan untuk menonaktifkan AMD Infinity Cache. Infinity Cache diperkenalkan dengan GPU RDNA2 dan dirancang untuk memberikan efisiensi/kinerja yang lebih besar untuk game beresolusi tinggi — sebanyak 3,25x bandwidth untuk memori video GDDR6 setidaknya dalam beberapa skenario.

AMD banyak membicarakan level cache yang serba baru ini dengan GPU seri Radeon RX 6000. Sangat menarik sekarang karena mereka menambahkan opsi driver RadeonSI untuk menonaktifkannya. Memang, ini seharusnya hanya untuk tujuan debugging/pembuatan profil atau mereka yang ingin tahu seberapa besar pengaruhnya pada game yang berbeda. Ini dapat diaktifkan menggunakan opsi debug AMD_DEBUG=mall_noalloc saat dijalankan dengan Mesa 22.2-devel dan build driver kernel AMDGPU Linux yang mendukung AMDGPU_VM_PAGE_NOALLOC.
Mesa 22.2 stable akan keluar pada bulan Agustus dengan perubahan ini dan lebih banyak lagi — ini mungkin akan menjadi versi Mesa minimum yang diperlukan untuk dukungan GPU RDNA3 juga.

Itulah berita seputar Mesa 22.2 RadeonSI Menambahkan Opsi Untuk Menonaktifkan Penggunaan AMD Infinity Cache, Perubahan Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.