Mesa 22.2 Siap Dengan Dukungan Lebih Luas Untuk GPU Intel Arc Graphics

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mesa 22.2 akan segera bercabang dan memasuki pembekuan fitur sementara untungnya dukungan Intel Arc Graphics DG2/Alchemist yang diperluas telah berhasil tepat waktu! ID PCI DG2/Alchemist yang tersisa sekarang diaktifkan untuk Mesa 22.2 dan dimaksudkan untuk berfungsi dengan Linux 5.20+ untuk kartu grafis desktop Intel yang akan datang.
Beberapa ID PCI DG2/Alchemist telah diaktifkan di Mesa terutama untuk desain GPU notebook sementara saat ini lebih banyak ID PCI untuk jajaran grafis desktop DG2/Alchemist lainnya serta kartu server Arctic Sound M ditambahkan.

Ini menggabungkan MR ini yang telah dibuka selama 10 bulan terakhir dan melacak banyak prasyarat untuk dukungan driver sumber terbuka DG2/Alchemist.
Rintangan terakhir yang tersisa di sisi kernel berkisar pada dukungan BAR kecil yang akan diperkenalkan di Linux 5.20.
Itu adalah daftar TODO yang cukup panjang sebelum Intel siap untuk menambahkan sisa DG2/Alchemist PCI ID ke Mesa untuk driver Iris OpenGL dan ANV Vulkan mereka di Linux.

Jadi mengingat penggabungan Mesa ini dalam semalam, sepertinya Linux 5.20 dan Mesa 22.2 adalah dasar minimum untuk kartu grafis Arc Graphics “Alchemist” dan ATS-M desktop ini. Linux 5.20 dan Mesa 22.2 juga penting untuk kartu grafis AMD Radeon “RDNA3” mendatang. Mesa 22.2 akan keluar dengan stabil sekitar akhir Agustus dan akan melihat kandidat rilis pertamanya akhir pekan ini. Linux 5.20 stable akan keluar sekitar awal Oktober. Sayangnya waktu Linux 5.20 berarti Linux 5.19 malah kemungkinan akan menjadi kernel yang digunakan oleh orang-orang seperti Ubuntu 22.10 musim gugur ini.

Itulah berita seputar Mesa 22.2 Siap Dengan Dukungan Lebih Luas Untuk GPU Intel Arc Graphics, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.